Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  

Konsumsi BBM diprediksi bakal meningkat selama Nataru

Balikpapan, IDN Times - Pertamina memastikan stok BBM dan LPG tersedia dalam jumlah cukup dan aman menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan Boy Frans J. Lapian mengatakan telah melakukan sejumlah upaya antisipasi terhadap peningkatan konsumsi masyarakat akan BBM dan LPG di wilayah Kalimantan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Dalam mengawal kelancaran distribusi BBM dan LPG, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 30 November 2019 sampai dengan 8 Januari 2019 di kantor region dan seluruh lokasi supply point BBM dan LPG yang tersebar di wilayah Kalimantan, untuk memastikan distribusi BBM dan LPG aman," kata Boy ketika diwawancarai di lokasi Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Jumat (20/12).

1. Pasokan BBM ditambah

Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  IDN Times/Maulana

Boy menjelaskan memasuki masa liburan Natal dan tahun baru (Nataru), kebutuhan BBM diperkirakan akan mengalami peningkatan. Untuk BBM jenis gasoline (bensin) akan mengalami peningkatan pada H-3. 

Untuk mengatasi lonjakan konsumsi BBM pada Nataru 2019, Pertamina melakukan beberapa hal diantaranya  menambah stok BBM.  Sedangkan untuk BBM jenis Premium akan ditambah sebesar 4 persen dari konsumsi normal bulanan, atau sekitar 3.180 KL per hari menjadi 3.306 KL per hari di wilayah Kalimantan.

Khusus untuk wilayah Kalimantan Timur, stok Premium akan ditambah sebesar  6 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 853 KL per hari menjadi 899 KL per hari.

Lalu, untuk Pertalite akan ditambah sebanyak 9 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 3.365 KL per hari menjadi 3.668 KL per hari di wilayah Kalimantan.  Untuk Kalimantan Timur, peningkatan stok Pertalite  sebesar 6,7 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 977 KL per hari menjadi 1.042 KL per hari.

Sedangkan Pertamax ditambah sebanyak 3 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 575 KL per hari menjadi 594 KL per hari di wilayah Kalimantan. Sementara untuk wilayah Kalimantan Timur, tidak ada peningkatan stok Pertamax dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 130 KL per hari. 

Kemudian, untuk jenis Pertamax Turbo bakal ditambah sebanyak  84 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 10 KL per hari menjadi 19 KL per hari di wilayah Kalimantan. Sedangkan di Kalimantan Timur, peningkatan stok Pertamax Turbo 46 persen dari konsumsi normal bulanan atau sekitar 5KL per hari menjadi 7 KL per hari.

Sementara itu, untuk BBM jenis gasoil atau Solar berdasarkan pengalaman pada tahun 2018 lalu, Pertamina mencatat secara umum, turun 9 persen dari jumlah konsumsi normal.

Meski demikian, Boy memastikan akan tetap menyiagakan stok gasoil sesuai dengan kebutuhan untuk memberikan jaminan stok BBM pada massa libur Natal dan tahun baru.

Baca Juga: UN Jadi Beban, Siswi di Balikpapan: Nyaris Tak Ada Waktu Luang

2. Sebanyak 70 SPBU disiagakan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2020

Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  IDN Times/Maulana

Untuk menjamin kemudahan masyarakat dalam memperoleh BBM selama Nataru, Pertamina juga menyiagakan SPBU di jalur mudik dan wisata sebanyak 70 SPBU, yang tersebar di Kalimantan Timur sebanyak 10 SPBU, dan di Kalimantan Barat 36 SPBU, sementara di Kalimantan Tengah 7 SPBU, serta di Kalimantan Selatan sebanyak 16 SPBU. 

“Seluruh SPBU siaga ini akan beroperasi selama 24 jam dan telah dilakukan build up stok sejak H-7. Khusus untuk area wisata Derawan, Pertamina juga menyiapkan 1 SPBU kantong untuk mengantisipasi lonjakan wisata,” terang Boy.

Selain meningkatkan stok, Pertamina juga menyiapkan penambahan mobil tangki sebanyak 38 unit dan 76 awak mobil tangki. Ditambah dengan mobil tangki yang sudah ada maka pada Nataru kali ini total armada yang beroperasi menjadi 524 mobil tangki dan 1.048 awak mobil tangki yang dikerahkan.

3. Operasikan SPBU modular di Tol Balikpapan-Samarinda

Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  IDN Times/Maulana

Untuk mendukung pengoperasian ruas tol Balikpapan-Samarinda pada Natal dan tahun baru ini, Pertamina mulai mengoperasikan SPBU Modular yang berlokasi di Rest Area KM 36A untuk memudahkan pengguna tol dalam memperoleh BBM.

SPBU Modular adalah lembaga penyalur yang memiliki sarana dan fasilitas yang dapat berpindah, yang didirikan sebagai alternatif bangunan untuk memenuhi kebutuhan BBM di lokasi tertentu. 

"Pengguna jalan tol tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM di area tol karena kami telah menyiapkan produk Pertalite, Dexlite, dan Pertamax  di SPBU Modular"ujar Boy

SPBU Modular Pertamina tersebut beroperasi 24 jam serta ditunjang dengan penyediaan truk tangki kapasitas 16.000 Liter yang berfungsi sebagai mobile storage untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kebutuhan BBM bagi masyarakat yang ingin mencoba jalur tol baru tersebut, khususnya pada Natal dan tahun baru ini.

Pasokan BBM untuk SPBU Modular tol tersebut dikirim dari dua supply point milik Pertamina, yaitu dari Integrated Terminal Balikpapan dan Fuel Terminal Samarinda.

4. Stok LPG juga ditambah

Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  Dok.Pertamina

Sebagai upaya mengantisipasi kepastian pasokan LPG, Pertamina juga melakukan penambahan pasokan LPG sebanyak 7 persen dari rata-rata normal bulanan atau sekitar 1.595 metrik ton dari konsumsi normal bulanan yaitu 1.492 metrik ton untuk wilayah Kalimantan.

Penambahan penyaluran LPG 3 kg telah dilakukan sejak minggu ke-2 bulan Desember dengan penambahan fakultatif untuk wilayah Kalimantan sebanyak 2.351 metrik ton atau 783.600 tabung.

Penyaluran ini telah disalurkan ke 234 agen dan 10.173 pangkalan yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan. Sementara untuk wilayah Kalimantan Timur, penambahan fakultatif sebanyak 459 metrik ton atau 153.040 tabung. 

Selain penambahan penyaluran, Pertamina juga menyiapkan agen dan pangkalan siaga guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan LPG 3 kg. Sebanyak 234 agen dan 951 pangkalan disiagakan di seluruh wilayah Kalimantan. Tidak hanya agen dan pangkalan LPG 3 kg saja, untuk LPG nonsubsidi, Pertamina juga menyiapkan 64 agen siaga dan 276 pangkalan LPG nonsubsidi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pertamina Kalimantan Tambah Stok LPG 3 Kg selama Natal dan Tahun Baru

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya