KPU Balikpapan Tunjuk BRI Jadi Penampung Dana Hibah 

BRI berikan manfaat 1 unit mobil Avanza

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menunjuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menjadi bank penampung dana hibah yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan persiapan Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan penunjukkan bank penampung ini dilaksanakan secara terbuka berdasarkan tawaran yang dimasukkan oleh beberapa bank yang di Kota Balikpapan.

"Dalam Pilkada sebelumnya, kita hanya bekerja sama dengan BPD atau Bank Mandiri. Tapi pada Pilkada kali ini, banyak penawaran dari perbankan yang kita pilih ada ada afiliasi (BUMN) dengan pemerintah," kata Noor Thoha ketika diwawancarai wartawan usai menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Pacitan di Sekretariat KPU Kota Balikpapan, Senin (18/11).

1. Penawaran terbuka untuk bank yang berafiliasi dengan pemerintah

KPU Balikpapan Tunjuk BRI Jadi Penampung Dana Hibah IDN Times/Maulana

Pemerintah Kota Balikpapan, Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, Badan Pengawas Pemilu Kota Balikpapan dan Kepolisian Resort Kota Balikpapan telah melaksanakan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pilkada Balikpapan 2020 pada 19 September 2019 lalu.

Sekitar Rp28,1 miliar atau 40 persen dari anggaran yang disetujui oleh Tim Pengelola Anggaran Daerah (TPAD) Kota Balikpapan akan dicairkan pada tahun 2019 ini.

Total anggaran yang disetujui untuk  pelaksanaan Pilkada Kota Balikpapan tahun 2020 tercatat mencapai Rp73 miliar. Sisanya bakal ldicairkan dalam APBD 2020 mendatang.

Dana tersebut akan dialokasikan kepada KPU Kota Balikpapan sebesar Rp22 miliar dari Rp53 miliar anggaran yang disetujui, Bawaslu Kota Balikpapan sebesar Rp4,6 miliar dari Rp11,5 miliar dan Polres Balikpapan Rp1,5 miliar dari Rp7,8 miliar.

Thoha menjelaskan sebelumnya dilakukan pencairan terhadap dana hibah Pilkada, KPU Kota Balikpapan menerima sejumlah penawaran dari beberapa perbankan untuk menampung dana hibah Pilkada.

Dalam melakukan pemilihan bank yang ditunjuk, KPU Kota Balikpapan membatasi hanya kepada bank yang berafiliasi dengan pemerintah, sehingga memudahkan dalam proses pencairannya.

"Kami hanya memilah pada bank yang sudah berafiliasi dengan pemerintah, untuk memudahkan KPU," terangnya.

Baca Juga: KPU Balikpapan Libatkan Perguruan Tinggi dalam Perekrutan KPPS 

2. KPU terima benefit 1 mobil Avanza dari BRI

KPU Balikpapan Tunjuk BRI Jadi Penampung Dana Hibah IDN Times/Maulana

Selain membatasi pada hanya bank yang berafiliasi dengan pemerintah, karena banyak penawaran yang masuk, KPU Kota Balikpapan kemudian memilih perbankan berdasarkan manfaat yang diberikan.

Dari beberapa perbankan yang memberikan penawaran, KPU Kota Balikpapan memilih BRI sebagai mitra untuk menampung dana hibah Pilkada 2020.

Untuk terpilih sebagai bank penampung dana Pilkada, BRI memberikan 1 unit mobil Avanza sebagai kendaraan operasional bagi KPU Kota Balikpapan.

"Kalau diberikan 1 unit mobil Avanza sebagai benefitnya, serta ada kursi sofa bekas yang kami manfaatkan sebagai kursi tamu di sekretariat KPU Kota Balikpapan," jelasnya.

3. DPRD Pacitan belajar pola anggaran ke KPU Kota Balikpapan

KPU Balikpapan Tunjuk BRI Jadi Penampung Dana Hibah IDN Times/Maulana

Dalam kesempatan yang sama, DPRD Kabupaten Pacitan yang dipimpin oleh Sri Widyawati yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi 1 menyatakan tujuannya berkunjung ke KPU Kota Balikpapan untuk mempelajari tentang mekanisme penganggaran dana Pilkada.

Menurut Sri, di wilayahnya terdapat  6 dapil yang terdiri dari 12 kecamatan dan 166 desa dengan total jumlah penduduk mencapai 588 ribu jiwa.

Ia menjelaskan pihaknya belum bisa mengalokasikan dana Pilkada pada tahun ini, sehingga sebagian besar anggaran akan dialokasikan pada APBD 2020.

"Kita ke sini buat mempelajari mekanisme anggaran, yang sekarang masih kami bahas di APBD 2020," ujarnya.

 

 

Baca Juga: DPRD Balikpapan Siapkan Raperda Tebang Pohon Wajib Lapor Kelurahan 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya