Lanal Balikpapan Dinobatkan Jadi Lanal Teladan 2019

Menduduki peringkat pertama Lanal terbaik secara nasional

Balikpapan, IDN Times - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Balikpapan meraih penghargaan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji sebagai Pangkalan TNI AL Peringkat I Teladan Tahun 2019.

“Alhamdulillah, Lanal Balikpapan diberikan predikat sebagai Lanal Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019. Keputusan tersebut ditentukan dalam proses yang dihadiri langsung oleh Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Wahyu Cahyono ketika diwawancarai wartawan usai menghadiri syukuran predikat Lanal Teladan 2019 di Mako Lanal Balikpapan, Jumat (06/12).

1. Performa Lanal Balikpapan dalam mendukung satuan tempur

Lanal Balikpapan Dinobatkan Jadi Lanal Teladan 2019IDN Times/Maulana

Untuk pertama kalinya, dalam beberapa tahun terakhir, Lanal Balikpapan berhasil mendapat penghargaan tertinggi tingkat nasional. “Dalam berapa tahun terakhir ini adalah peringkat tertinggi yang kami raih, setelah sebelumnya hanya berada di peringkat tiga atau dua,” ungkap Wahyu.

Lanal Balikpapan ditetapkan sebagai Lanal Teladan 2019 setelah menduduki urutan tertinggi dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Mabes TNI dari 6 Lanal yang dimasukan dalam nominasi penilaian Lanal terbaik.

“Kita menduduki urutan pertama yang diraih Lanal Balikpapan, urutan kedua Lanal Tual di Maluku Tenggara dan urutan ketiga Lanal Tanjung Balai Karimun yang ada di Kepulauan Riau,” jelasnya.

Menurut Wahyu, ada beberapa kategori yang membuat Lanal Balikpapan terpilih menjadi Lanal terbaik diantaranya menyangkut performa Lanal Balikpapan dalam mendukung satuan tempur misalnya dalam melayani KRI atau pesawat tempur yang ada di wilayahnya.

Performance Lanal Balikpapan dalam mendukung operasi satuan operasi tempur misalnya KRI atau pesawat terbang yang datang ke sini ini sangat tinggi. Dalam sebulan kita bisa sampai  77 kali memberikan dukungan kepada KRI dalam rangka melaksanakan operasi,” terangnya.

Baca Juga: Gara-Gara Duit Rp100 Ribu, Suami di Samarinda Nyaris Bunuh Istri

2. Kebersihan hingga akomodasi markas juga menjadi penilaian

Lanal Balikpapan Dinobatkan Jadi Lanal Teladan 2019Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Wahyu Cahyono (IDN Times/Maulana)

Selain kemampuan Lanal Balikpapan dalam memberikan dukungan satuan tempur yang ada di wilayahnya, kondisi kebersihan dan akomodasi yang disediakan oleh Lanal Balikpapan juga menjadi salah satu kriteria dalam penilaian oleh tim Mabes TNI. 

Kondisi Mako Lanal Balikpapan dinilai sangat baik sehingga sangat layak untuk ditetapkan sebagai peringkat teratas Lanal  terbaik pada tahun 2019.

“Penilaian yang dilakukan kepada kami mulai dari komandannya sampai dengan prajurit pangkat rendah,  mulai dari profesinya kemudian performance-nya sampai dengan kondisi kebersihan dan akomodasi yang ada  Mako Lanal Balikpapan,” ungkapnya.

3. Tingkatkan profesionalisme prajurit

Lanal Balikpapan Dinobatkan Jadi Lanal Teladan 2019Dok. Lanal Balikpapan

Wahyu berharap agar predikat yang berhasil diraih oleh Lanal Balikpapan sebagai Lanal Teladan Tahun 20019 dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Untuk itu, Ia memerintahkan kepada prajurit yang ada di lingkungan Lanal Balikpapan untuk terus meningkatkan  profesionalisme dalam menjalankan tugas.

“Tantangan buat kami depan, kami tetap akan mempertahankan performa kami yang yang sudah dinilai bagus oleh pimpinan, sehingga ini sudah menjadi harga mati buat kami akan mempertahankannya,” pungkasnya.

Baca Juga: Pelindo Minta Pemerintah Kaji Jembatan Tol Balikpapan-Penajam

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya