Malam Tahun Baru, Pengamanan Kilang Pertamina Diperketat

Masyarakat di sekitar kilang diimbau tidak main kembang api

Balikpapan, IDN Times - Menjelang perayaan malam tahun baru 2020, Pertamina (Persero) Kalimantan memperketat pengamanan di area sekitar kilang. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya kegiatan masyarakat yang menyalakan kembang api atau petasan di sekitar kilang yang berbahaya untuk keamanan dan keselamatan di areal kilang.

“Pengamanan diutamakan pada malam tahun baru yang memungkinkan adanya kegiatan menyalakan kembang api atau petasan di sekitar area sarfas Pertamina, baik di Integrated Terminal ( BBM & LPG), Fuel Terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara ( DPPU), SPBU, Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji ( SPPBE),  kilang Balikpapan Refinery Unit V dan sarfas (sarana dan fasilitas) Pertamina lainnya di wilayah Kalimantan,” kata Region Manager Communication & CSR Kalimantan Heppy Wulansari dalam rilisnya, Senin (30/12).

1. TNI/Polri dilibatkan untuk melakukan patroli

Malam Tahun Baru, Pengamanan Kilang Pertamina Diperketathumas pertamina

Untuk menjamin keamanan kilang terhadap ancaman bahaya kembang api atau petasan yang berpotensi dapat mengganggu keamanan di areal kilang, Pertamina (Persero) Kalimantan akan meningkatan kegiatan patroli di sekitar area kilang.

Kegiatan patroli ini melibatkan personil dari TNI/Polri untuk melakukan patroli darat di sekitar sarana dan prasarana yang ada di area kilang milik Permina.

Heppy menjelaskan pelaksanaan pengamanan ini dilakukan guna mencegah adanya kemungkinan percikan api dari kembang api atau petasan di sekitar sarana dan prasarana yang ada di area kilang milik Pertamina yang dapat menimbulkan kebakaran. 

“Petugas pengamanan melakukan patroli darat di sepanjang jalur area sarfas yang berpotensi dijadikan tempat bermain petasan atau menyalakan kembang api, yang dapat membahayakan keamanan kilang,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG di Kalimantan  

2. Masyarakat di sekitar kilang diimbau tidak menyalakan kembang api

Malam Tahun Baru, Pengamanan Kilang Pertamina Diperketathumas pertamina

Heppy Wulansari menyatakan dalam meningkatkan kesiagaan pada saat malam tahun baru, pihaknya juga meminta agar masyarakat di sekitar area kilang tidak menyalakan kembang api.

Termasuk melakukan peningkatan kesiapsiagaan peralatan penanggulangan kebakaran, penambahan petugas pengamanan di beberapa pos yang berdekatan dengan lingkungan masyarakat, baik yang berasal dari petugas security internal Pertamina maupun Bawah Kendali Operasi (BKO) dari TNI dan Polri serta pengetatan penjagaan sarfas Pertamina. 

“Kami sangat menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api atau petasan di area dekat sarfas Pertamina, karena potensi bahaya sangat tinggi. Kami percaya bahwa masyarakat sudah cukup bijak dalam hal ini,” imbaunya.

3. Kapal yang melintas juga dilarang menyalakan kembang api

Malam Tahun Baru, Pengamanan Kilang Pertamina Diperketathumas pertamina

Selain himbauan kepada masyarakat, imbauan yang sama juga diserukan kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar area dermaga Pertamina baik yang berlokasi di sekitar Integrated Terminal,  Fuel Terminal, Ship to Ship (STS) maupun Refinery Unit V.

"Patroli dermaga, STS, dan pipa bawah laut juga kami tingkatkan untuk antisipasi agar kapal-kapal yang melintas tidak menyalakan kembang api dan petasan di sekitar sarfas kami di laut," jelas Heppy.

Kewaspadaan juga tidak hanya berpusat pada kembang api atau petasan tetapi juga kegiatan konvoi yang melewati jalan di sekitar area sarfas yang ada.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

 

Baca Juga: Kasus Korupsi Lahan Kuburan Rp10 Milar Bergulir ke Kejaksaan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya