Menghadap Laut, Ratusan Relawan Bersih-Bersih Pantai di Balikpapan

Dilakukan secara nasional di 72 titik

Balikpapan, IDN Times - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun, ratusan anggota relawan Pandu Laut Nusantara Kota Balikpapan mengikuti kegiatan Menghadap Laut 2.0 Bersih-Bersih Pantai di Pantai Kilang Mandiri Balikpapan, Minggu (18/8).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan serentak yang dilaksanakan secara nasional di 72 titik lokasi yang berbeda. "Kami mulai tadi dengan upacara pukul 15.00 Wita, yang dihadiri seratus lebih relawan pandu laut," kata Koordinator kegiatan dari Pandu Laut Nusantara Kota Balikpapan, Panca Bakrie di Pantai Kilang Mandiri Balikpapan.

1. Sebanyak 18 komunitas ikut berpartisipasi

Menghadap Laut, Ratusan Relawan Bersih-Bersih Pantai di BalikpapanDok. Pandu Nusantara

Sedikitnya 18 komunitas yang ada di Kota Balikpapan terlibat berpartisipasi dalam kegiatan Menghadap Laut 2.0 ini. Kegiatan yang diinisiasi oleh WWF Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan bertujuan mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kondisi laut di Indonesia.

Panca menjelaskan, makna kegiatan menghadap laut ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga laut dengan membuang tidak sampah sembarangan yang dapat mengganggu ekosistem.

"Agar kita lebih sadar dengan apa yang ada di laut, karena Indonesia adalah negara maritim yang berbatasan dengan pulau," katanya.

Baca Juga: Menteri Susi Geram Laut Indonesia Jadi Tempat Pembuangan Limbah

2. Dilanjutkan kegiatan membersihkan pantai

Menghadap Laut, Ratusan Relawan Bersih-Bersih Pantai di BalikpapanDok. Pandu Nusantara

Usai mengikuti upacara, para relawan kemudian melanjutkan kegiatan dengan membersihkan pantai dari sampah. Secara bersama-sama para relawan mengambil sampah yang berserakan di bibir pantai, untuk dikumpulkan agar tidak mengotori pantai.

"Kami lanjutkan dengan membersihkan pantai, ada macam sampah yang dikumpulkan seperti plastik dan beling," jelasnya.

Keberadaan sampah plastik yang banyak bertebaran di tepi pantai menjadi momok terhadap pencemaran ekosistem laut, karena dapat mengancam pada kepunahan biota laut.

3. Sudah dilaksanakan dua tahun berturut

Menghadap Laut, Ratusan Relawan Bersih-Bersih Pantai di BalikpapanDok. Pandu Nusantara

Panca menjelaskan kegiatan ini merupakan yang kedua kali yang dilaksanakan oleh Pandu Laut Nusantara. Pada tahun lalu, pihaknya juga menggelar kegiatan yang sama berlokasi di Pantai Auri Balikpapan.

"Sebelumnya, di tahun lalu, kita melaksanakan di Pantai Auri saat itu dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, sekarang tahun ini dibuka oleh Kepala DLH Balikpapan Suryanto," jelasnya.

Baca Juga: FOTO: Serunya Bersih-bersih Pantai dan Melepas Penyu di Seminyak

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya