Comscore Tracker

Pemkot Balikpapan Ajukan 858 Formasi CPNS dan P3K, Prioritaskan Guru

Formasi P3K/PPPK mencapai 70 persen

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan mengajukan 858 formasi untuk pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K/PPPK).

Usulan itu sudah disampaikan ke pemerintah pusat melalui sistem atau aplikasi. Selanjutnya, usulan formasi itu kemudian akan diproses oleh pemerintah pusat untuk menentukan alokasi formasi yang ditetapkan untuk penerimaan CPNS dan P3K tahun ini.

"Kita sudah mengajukan, tinggal pusat yang memutuskan berapa," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan Robi Ruswanto di Kantor Wali Kota Balikpapan.

1. 70 persen formasi untuk P3K

Pemkot Balikpapan Ajukan 858 Formasi CPNS dan P3K, Prioritaskan GuruIDN Times/Maulana

Berdasarkan edaran dari pemerintah pusat, untuk pertama kali pada tahun ini, pemerintah daerah akan mulai melaksanakan pengadaan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Robi menjelaskan dari 858 formasi yang diajukan, 70 persen diantaranya merupakan formasi untuk jabatan P3K.

"Dari total yang diajukan terdiri dari 70 persen untuk P3K dan 30 persen untuk CPNS," jelasnya.

Ia menjelaskan, pihaknya masih belum bisa menjelaskan lebih jauh terkait proses pengadaan P3K karena belum ada petunjuk dari pemerintah pusat

"Karena ini yang pertama kan makanya kita belum melihat contohnya konkret di daerah lain, kecuali di kementerian dan lembaga. Tapi karena instruksinya seperti itu kita ngikut saja," ujar Robi.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Belum Informasikan Seleksi P3K dan CPNS 2019

2. Soal tes P3K disamakan dengan CPNS

Pemkot Balikpapan Ajukan 858 Formasi CPNS dan P3K, Prioritaskan Guru(Ilustrasi CPNS) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Robi menjelaskan dalam pelaksanaan pengadaan untuk formasi P3K tidak akan berbeda dengan proses seleksi dalam formasi CPNS.

"Soal dan tes yang diberikan untuk CPNS dan P3K sama, tidak ada bedanya," terangnya.

Rencana pengadaan P3K merupakan program dalam pemerintah pusat untuk mengatasi masalah kekurangan pegawai di lingkungan pemerintah. Pegawai yang masuk dalam program P3K akan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS. Yang membedakan, P3K tidak memiliki tanggungan hari tua atau pensiun. Seluruh penghasilan yang diberikan kepada pegawai P3K akan sama, termasuk kesempatan dalam jenjang karir.

3. Formasi paling banyak adalah guru

Pemkot Balikpapan Ajukan 858 Formasi CPNS dan P3K, Prioritaskan Gurupixabay.com/ulrichw

Dari 858 formasi yang diajukan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, 600 lebih formasi yang diajukan adalah formasi tenaga pengajar atau guru. 

"Dari yang kami ajukan paling banyak adalah guru dan tenaga medis, tapi kami tidak tahu berapa nanti yang disetujui," tuturnya.

Baca Juga: Dibuka Oktober, Pelamar CPNS Diprediksi Melonjak Hingga 5,5 Juta Orang

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You