Pemkot Balikpapan Akan Subsidi Biaya Pendaftaran Sekolah Swasta 

Diberikan khusus siswa yang gagal masuk sekolah negeri

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan berencana menganggarkan subsidi bagi peserta didik yang mendaftar di sekolah swasta, pada tahun ajaran 2020 mendatang. Rencana ini dilakukan untuk membantu peserta didik yang gagal dalam seleksi masuk sekolah negeri sehingga terpaksa harus mendaftar di sekolah swasta.

"Kami akan coba usulkan masuk dalam alokasi anggaran tahun depan, karena tahun ini kan sudah lewat," kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ketika diwawancarai wartawan di  Dome BSCC  Balikpapan, belum lama ini.

1. Direncanakan subsidi biaya pendaftaran sekolah swasta dilaksanakan tahun depan

Pemkot Balikpapan Akan Subsidi Biaya Pendaftaran Sekolah Swasta IDN Times/Maulana

Rahmad menerangkan pihaknya akan membuat usulan untuk pemberian subsidi kepada calon peserta didik yang mendaftar di sekolah swasta mulai tahun 2020 mendatang. Usulan tersebut rencananya akan dimasukkan dalam draft Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan tahun 2020.

"Mudah-mudahan kemampuan anggaran kita bisa mencukupi untuk mulai dilaksanakan pada tahun depan," jelas Rahmad.

Pemberian bantuan subsidi ini diberikan untuk meringankan orang tua yang terpaksa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Subsidi diberikan dalam bentuk bantuan biaya masuk sekolah dengan nilai berkisar Rp2 juta per siswa.

Namun Rahmad tidak memerinci berapa anggaran yang akan diusulkan dalam program subsidi ini karena masih dalam proses pembahasan.

Baca Juga: DPRD Balikpapan: Kekurangan Guru, Dorong Pertumbuhan Sekolah Swasta 

2. Tahun 2015, Pemkot pernah memberikan subsidi

Pemkot Balikpapan Akan Subsidi Biaya Pendaftaran Sekolah Swasta IDN Times/Muhamad Iqbal

Menurut Rahmad, Kota Balikpapan pernah mengalokasikan anggaran pada tahun 2015 lalu untuk membantu siswa yang gagal masuk sekolah negeri dan harus bersekolah di sekolah swasta.

Subsidi yang pernah diberikan dalam bentuk bantuan biaya pendaftaran sebesar Rp2 juta untuk peserta didik SMP dan Rp2,5 untuk peserta didik di tingkat SMA/SMK.

Namun dalam beberapa tahun ini, kebijakan itu terpaksa dihentikan karena kondisi anggaran yang mengalami defisit. Hal itu mengharuskan pemerintah daerah melakukan rasionalisasi anggaran yang dianggap tidak terlalu mendesak.

"Mudah-mudahan tahun depan kita dapat kembali mengalokasikan dana untuk itu (subsidi biaya pendaftaran sekolah swasta)," ujar Rahmad.

3. Diberikan khusus kepada siswa yang gagal masuk sekolah negeri

Pemkot Balikpapan Akan Subsidi Biaya Pendaftaran Sekolah Swasta IDN Times/Maulana

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin menambahkan rencana pemberian subsidi bagi siswa baru yang tidak diterima di sekolah negeri khususnya untuk setingkat SMP hingga kini masih dibahas.

“Kita belum ada arahan wali kota, wawali dan sekda sampai hari ini. Jadi Intinya dinas itu menunggu kalau memang diperintahkan disuruh memberikan bantuan kita jalankan,” tambah Muhaimin.

Dia menerangkan, rencananya subsidi hanya akan diberikan kepada siswa yang sejak awal mendaftar di sekolah negeri tapi tidak diterima sehingga harus mendaftar di sekolah swasta. Namun bagi siswa yang sejak awal mendaftar di swasta tidak diberikan.

“Artinya kalo orang tua dari awal memilih sekolah swasta ya ga boleh dibantu karena dari awal sudah memilih sekolah swasta. Datanya akan terlihat,” ujaranya.

Dia menambahkan, kemungkinan jika nantinya diberikan subsidi besaran yang diberikan tidak jauh berbeda dengan subsidi tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp 2 juta.

Baca Juga: 5 Momen Paling Bikin Deg-degan Waktu Sekolah, Kamu Ngalamin?

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya