Pemkot Balikpapan Bagikan Bantuan Kursi Roda Kepada Para Lansia 

Bentuk penghormatan dari generasi penerus bangsa

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan membagikan sedikitnya 17 unit kursi roda dan ratusan paket sembako serta alat bantu jalan dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang digelar di Gedung Serba Guna Dome BSCC Balikpapan, Kamis (25/07).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan hal ini wujud penghormatan kepada lansia, yang diharapkan juga menjadi pelajaran kepada generasi muda yang menjadi penerus bangsa.

“Ini harus menjadi pelajaran bagi kita sebagai generasi penerus, untuk menghormati keberadaan lansia,” kata Rahmad kepada wartawan ketika diwawancarai di Dome BSCC.

1. Bantuan berasal dari Pemkot, Kemensos, serta lembaga zakat

Pemkot Balikpapan Bagikan Bantuan Kursi Roda Kepada Para Lansia IDN Times/Maulana

Dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN),  Rahmad membagikan langsung bantuan kepada para lansia yang berasal dari sejumlah daerah dan panti jompo yang ada di Kota Balikpapan. Dengan disaksikan sejumlah perwakilan instansi dan lembaga yang menjadi donatur dalam kegiatan tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa 80 paket sembako dan 350 paket buah-buahan yang merupakan bantuan dari Pemkot Balikpapan. Sementara 17 unit kursi roda dan 3 unit alat bantu jalan berupa tongkat merupakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur.

Lalu, bantuan bertujuan lanjut usia (Bantu Lu) dari Kemensos sebesar Rp240 juta untuk 100 orang, bantuan dukungan keluarga  sebesar Rp78 juta untuk 28 orang. Selain itu ada pula bantuan perawatan sosial sebesar Rp48 juta untuk 40 orang.

Serta bantuan 50 paket sembako dari lembaga zakat Dompet Dhuafa, 50 paket sembako dari lembaga Sahabat Yatim Balikpapan dan 40 paket sembako dari Baznas Kota Balikpapan.

Baca Juga: Usia Lansia DIY Paling Lama, Menkes Tinjau Layanan RS Sardjito

2. Jumlah panti jompo perlu ditambah

Pemkot Balikpapan Bagikan Bantuan Kursi Roda Kepada Para Lansia IDN Times/Maulana

Rahmad menjelaskan saat ini terdapat 3 panti jompo yang ada di Kota Balikpapan. Jumlah panti jompo tersebut dinilai belum mencukupi untuk memberikan layanan kepada para lansia yang ada di Kota Balikpapan.

“Jumlahnya tidak kurang, namun perlu ditambah,” katanya.

Saat ini berdasarkan data Dinas Sosial Kota Balikpapan, terdapat sedikitnya 1000 lebih lansia yang ada di Kota Balikpapan, baik lansia yang ada di panti jompo maupun dirawat di rumah bersama keluarganya.

Jumlah tersebut meliputi dari 28 juta lansia yang ada di Indonesia berdasarkan hasil survei nasional di tahun 2018, termasuk 2 juta lansia yang harus berada di tempat tidur karena sakit atau usia yang sangat tua.

Ia menjelaskan pihaknya akan menyampaikan kondisi ini kepada Dinas Sosial Provinsi, termasuk menyangkut usulan rencana penambahan panti jompo di Kota Balikpapan.

“Untuk penambahan panti jompo adalah wewenang provinsi, kami hanya menyampaikan usulan,” jelasnya.

3. Sejak 2015, Kota Balikpapan telah dicanangkan sebagai kota ramah lansia

Pemkot Balikpapan Bagikan Bantuan Kursi Roda Kepada Para Lansia IDN Times/Maulana

Sejak 2015, Kota Balikpapan telah mencanangkan program sebagai Kota Ramah Lansia. Berbagai program bagi lansia disiapkan dan telah dilaksanakan. Namun program yang disiapkan ini sudah tidak dapat dijalankan karena ada perubahan wewenang penanganan lansia  ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada akhir tahun 2015.

Seluruh pengelolaan baik pemberian santunan dan pengelolaan panti jompo yang ada dialihkan kewenangannya ke provinsi. Sehingga Balikpapan melalui Dinas Sosial hanya memberikan bantuan bagi lansia tidak mampu atau yang berasal dari keluarga miskin (gakin).

Kepala Dinas Sosial Balikpapan, Purnomo, menambahkan, panti jompo adalah kewenangan dari provinsi sesuai dengan aturannya.

“Yang kita bantu lansia ada di rumah, kita data dan verifikasi lagi sebelum bantuan diberikan,” imbuhnya.

Baca Juga: Sepasang Lansia di Malang Kaget Dapat Kiriman Ikan dari Menteri Susi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya