Pemkot Balikpapan dan PLN PJB Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Tidak hanya soal CSR, juga terlibat penanganan bencana

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan menandatangani kerja sama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), Unit Bisnis Jasa Operator dan Maintenance Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kaltim Teluk , Senin (14/10/2019).

Penandatanganan kerja sama pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran ini dilakukan di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan dengan dihadiri sejumlah Pimpinan PT PJB beserta jajaran, Wali Kota Balikpapan, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota dengan PLN dalam hal kesiapan penanggulangan bencana, sehingga selalu waspada,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ketika menyampaikan sambutannya.

1. Kerja sama berlangsung hingga 1 tahun

Pemkot Balikpapan dan PLN PJB Kerja Sama Penanggulangan BencanaIDN Times / Maulana

Rizal menjelaskan pelaksanaan kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Balikpapan dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Kaltim Teluk dilaksanakan dalam kurun waktu sekitar 1 tahun.

Kerja sama ini untuk berbagi pengetahuan terkait proses penanganan bencana antara personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Kaltim Teluk.

Rizal menjelaskan, selain masalah penanggulangan bencana, Pemerintah Daerah juga akan mendorong untuk pelaksanaan program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Kota Balikpapan. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi  mengatakan kerja sama ini terutama dalam hal penanggulangan keadaan darurat, PLN memiliki SDM, kemampuan peralatan dan hal lainnya.

“Kita minta dukungan PJB soal penanggulangan kebakaran tapi kita tindaklanjuti lagi dengan yang lain dengan beberapa program CSR  yang dimiliki, seperti bidang pendidikan kesehatan, UMKM,” tuturnya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Penduduk, Balikpapan Kembangkan Hunian Vertikal

2. Berbagi pengetahuan penanggulangan bencana

Pemkot Balikpapan dan PLN PJB Kerja Sama Penanggulangan BencanaIDN Times / Maulana

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PT PJB Kaltim Teluk Mariono menjelaskan pelaksanaan penandatangan kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam melakukan penanganan kejadian bencana yang terjadi.

Menurut Maryono, PT PJB Kaltim Teluk  merupakan salah satu perusahaan Unit Bisnis Jasa Operation dan Maintenance PLTU yang juga menyuplai distribusi listrik Sistem Mahakam di wilayah Kalimantan Timur , yang juga terinterkoneksi dengan wilayah Kalimantan Selatan.

Diperlukan kewaspadaan dalam penanganan peralatan yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan dampak bencana. 

” PJB ini anak perusahaan PLN ini mengelola aset yang punya tingkat risikonya tinggi. Pembangkit ini tekanan tinggi. Jadi kami jalin sinergi dan kerja sama dengan pemerintah kota khususnya BPBD yang sudah terjalin baik selama ini,” jelasnya.

3. Personil PJB juga terlibat menangani bencana kebakaran lahan

Pemkot Balikpapan dan PLN PJB Kerja Sama Penanggulangan BencanaIDN Times / Maulana

Selain fokus pada penanggulangan bencana di sekitar lokasi kerja, PT PJB juga terlibat dalam mengawasi kejadian bencana yang ada di sekitar lokasi perusahaan. 

Maryono menjelaskan PT PJB juga terlibat dalam penanganan bencana kebakaran lahan yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan Balikpapan Barat. 

“Kami juga melakukan persiapan rawan bencana, dengan berpartisipasi terhadap bencana yang terjadi seperti kejadian kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu, kami yang pertama ramai masuk ke wilayah kebakaran itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Jadi Kota Penyangga Ibu Kota, Balikpapan Belajar ke Singapura 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya