Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyediaan Lahan Kodam Baru di Lokasi IKN

Menunggu arahan dari pusat

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap mendukung  penyediaan lahan dalam rencana pembangunan satuan militer baru terkait pengamanan lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Saya siap mendukung TNI untuk membantu dalam proses penyediaan lahan terkait rencana satuan militer baru untuk ibu kota negara," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor usai menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (05/10/2019).

1. Gubernur Kaltim: dari dulu saya dukung TNI

Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyediaan Lahan Kodam Baru di Lokasi IKNIDN Times/Maulana

Presiden RI Joko Widodo memutuskan memindahkan lokasi ibu kota negara (IKN)  ke wilayah Kalimantan Timur yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Pembangunan tahap awal untuk rencana pemindahan ibu kota negara yang baru ditargetkan akan mulai pada tahun 2020 mendatang. 

Pembangunan tahap awal dimulai dengan membangun infrastruktur utama hingga istana negara yang disebutkan akan dibangun di wilayah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk mendukung rencana pemindahan IKN, Mabes TNI berencana akan membangun satuan Kodam baru untuk pengamanan istana negara. Kodam baru akan dibangun di sekitar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara yang tidak jauh lokasinya dengan pusat ibu kota negara.

Menanggapi rencana tersebut, Isran menyatakan siap mendukung rencana tersebut dengan membantu penyediaan lahan untuk pembangunan markas Kodam yang baru.

"Kami dari dulu selalu mendukung TNI, karena sebelumnya sekitar 27 ribu hektare lahan sudah kami siapkan untuk lokasi latihan TNI, termasuk untuk pangkalan TNI AL di Kudunga," terang Isran.

Baca Juga: Ini Enam Pasukan Elit yang Dimiliki TNI, Mana Favoritmu?

2. TNI adalah pelindung rakyat

Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyediaan Lahan Kodam Baru di Lokasi IKNIDN Times/Maulana

Dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI  Isran mengatakan peran TNI memang luar biasa di masyarakat. Sesuai dengan tema HUT ke-74 TNI yakni 'TNI Profesional Kebanggaan Rakyat', maka TNI sudah menjadi yang luar biasa di masyarakat. Hal ini menjadi gambaran TNI sebagai pelindung, pengaman dan melindungi seluruh wilayah Republik Indonesia.

"Tema yang disampaikan luar biasa dan ini sesuai dengan gambaran TNI saat ini," ujarnya.

 

3. Kodam baru menunggu rencana pemindahan ibu kota

Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyediaan Lahan Kodam Baru di Lokasi IKNIDN Times/Maulana

Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menjelaskan rencana pembangunan Kodam baru di wilayah ibu kota negara masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

"Yang pasti kalau IKN disini, pasti akan disertai dengan pembangunan Kodam baru," jelasnya.

Menurutnya, TNI saat ini masih terus sinergi dengan termasuk instansi lainnya termasuk kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di wilayah kalimantan.

"Jadi sinergitas kami antara TNI/Polri dapat menciptakan keamanan di wilayah Kalimantan," tambahnya.

Baca Juga: Pangdam VI/Mulawarman: Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya