PLN Bangun Jaringan Listrik untuk Warga Desa Perbatasan 3T di Kaltimra

Upaya pemerataan listrik ke seluruh pelosok Indonesia

Balikpapan, IDN Times - PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (PLN UIW Kaltimra) menargetkan pembangunan jaringan listrik desa selesai pada tahun 2020 mendatang.

Target tersebut mengikuti target nasional pemerataan jaringan listrik di seluruh Indonesia termasuk untuk desa yang terkategori sebagai wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

"Kami tengah berupaya meningkatkan angka rasio desa yang berlistrik oleh PLN, utamanya daerah 3T yang belum terlistriki," kata Zulkarnain selaku Manajer Komunikasi PLN UIW Kaltimra di kantornya, pada Kamis (25/07).

1. Untuk meningkatkan geliat ekonomi di wilayah perbatasan

PLN Bangun Jaringan Listrik untuk Warga Desa Perbatasan 3T di KaltimraIDN Times/Maulana

Sebagai upaya untuk meningkatkan pemerataan listrik ke seluruh pelosok Indonesia, PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (PLN UIW Kaltimra) tengah melaksanakan pembangunan jaringan listrik untuk daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) baik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Menurut  Zulkarnain, untuk meningkatkan angka rasio desa berlistrik saat ini PLN tengah menggarap proyek listrik untuk daerah 3T, diantaranya adalah Desa Long Hubung di Kabupaten Mahakam Ulu dan Desa Long Midang, Krayan, Kabupaten Nunukan.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui ketersediaan tenaga listrik, dengan meningkatkan angka rasio desa yang berlistrik sehingga dapat menumbuhkan geliat ekonomi bagi warga yang tinggal di wilayah perbatasan.

Baca Juga: 62 Desa Di Sumsel Belum Tersambung Listrik, Ini Alasan PLN

2. Kondisi medan yang sulit menjadi kendala

PLN Bangun Jaringan Listrik untuk Warga Desa Perbatasan 3T di KaltimraIDN Times/Maulana

Kondisi medan yang sulit untuk diakses menjadi kendala utama dalam proses pembangunan jaringan listrik  di wilayah perbatasan.

Ia mencontohkan seperti di Desa Long Hubung, Mahakam Ulu, sedikitnya ada 6 ribu jiwa yang menghuni wilayah tersebut. Perjalanan ke desa ini mesti menempuh jalan darat dengan medan yang sulit, serta dilanjutkan menyusuri sungai melewati aliran Sungai Mahakam.

Pada Desa Long Hubung sedang dibangun jaringan tegangan menengah (JTM) 20 kV dengan panjang jaringan hingga 9 kms (kilometer-sirkit) dan jaringan tegangan rendah (JTR) sejauh 4 kms. Nantinya saat jaringan ini rampung dibangun, listrik di Desa Long Hubung akan disuplai dari PLTD Datah Bilang.

Sementara itu  di Kalimantan Utara, pembangunan jaringan listrik tengah dilakukan di Desa Long Midang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan. Long Midang sendiri dapat ditempuh 7 km dari Krayan Induk dengan waktu tempuh 50 menit. Karena berbatasan langsung dengan Malaysia, di desa ini terdapat Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Maka untuk melistriki PLBN dan calon pelanggan Long Midang, PLN tengah menggarap JTM sepanjang 5.25 kms, JTR 2.69 kms dengan gardu berkapasitas 2x50 kVa. Saat ini di Krayan Induk sendiri sudah terdapat PLTD yang beroperasi 24 jam dengan Daya Mampu 680 Kw dan Beban Puncak 200 Kw.

“Kelak jika proyek listrik desa ini selesai, PLBN akan disuplai oleh PLTD Krayan Induk. Disana masih terdapat surplus daya yang dapat disalurkan dan masih ada juga potensi penambahan pelanggan hingga 200 pelanggan”, terang Zulkarnain.

3. Ditargetkan selesai tahun 2020

PLN Bangun Jaringan Listrik untuk Warga Desa Perbatasan 3T di KaltimraNawacita.co

Proyek listrik desa baik di Long Hubung maupun Long Midang diharapkan dapat selesai sebelum pergantian tahun 2020.

PLN telah berkomunikasi dengan stakeholders setempat demi kelancaran proyek pembangunan jaringan listrik ini.

"Tentunya, PLN membutuhkan doa dan dukungan dari seluruh pihak agar proyek ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, sehingga  pekerjaan dapat diselesaikan sesuai target dan masyarakat bisa segera menikmati listrik PLN," tambah Zulkarnain.

Baca Juga: Protes ke PLN, Mahasiswa Gelar Aksi Jemur Pakaian Di Kabel Semrawut

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya