Presiden Jokowi Akan Resmikan Proyek Perluasan TPA Manggar Balikpapan

Dibangun sejak 2017, total anggaran mencapai Rp150 miliar

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana mengunjungi Kalimantan Timur pada 17-18 Desember ini. Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), serta meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN)di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Selain itu, pada tanggal 18 Desember 2019, Presiden Jokowi direncanakan juga akan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar di Balikpapan.

1. Jokowi akan meresmikan Zona 4 TPA Manggar

Presiden Jokowi Akan Resmikan Proyek Perluasan TPA Manggar BalikpapanTPA Manggar, Balikpapan (dlh.balikpapan.go.id)

Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan proyek pembangunan Zona 4 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar di Kota Balikpapan. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut rencana kunjungan Jokowi ke lokasi TPA Manggar.

Lokasi yang akan diresmikan oleh Jokowi yakni Zona 4 TPA Manggar yang merupakan proyek tambahan untuk meningkatkan kapasitas TPA Manggar yang sudah over capacity.

“Kalau jadi tanggal 18, Pak Jokowi akan meresmikan Zona 4 TPA Manggar. Tapi masih belum dipastikan karena masih agenda aja,” jelasnya ketika dikonfirmasi IDN Times melalui telepon, Senin (16/12)

2. Nilai proyek Zona 4 TPA Manggar mencapai Rp150 miliar

Presiden Jokowi Akan Resmikan Proyek Perluasan TPA Manggar BalikpapanIDN Times/Maulana

Suryanto menjelaskan proyek pembangunan Zona 4 TPA Manggar merupakan proyek yang dibangun untuk mengantisipasi kondisi TPA Manggar yang sudah melebihi kapasitas untuk menampung sampah. Total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan zona TPA Manggar ini tercatat mencapai Rp150 miliar, yang sepenuhnya dialokasikan melalui APBN 2017.

Total tambahan yang dibangunan di zona 4 ini tercatat mencapai 9,8 hektare yang dibuat dengan teknologi sanitary landfill dalam pengolahan sampah yang dihasilkan sehingga tingkat pencemaran lingkungan yang dihasilkan sangat minim.

Tambahan Zona 4 ini, menambah luasan tempat penampungan sampah akhir di TPA Manggar yang saat ini sudah dibangun dalam 3 zona, dengan luas total mencapai 30 hektare.

“Penambahan ini diharapkan mampu menampung jumlah buangan sampah masyarakat yang saat ini berkisar 350 hingga 400 ton per hari,” ujarnya.

3. Kapasitas zona 4 diperkirakan mampu mencapai 12 tahun

Presiden Jokowi Akan Resmikan Proyek Perluasan TPA Manggar Balikpapanilustrasi sampah (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Berdasarkan perhitungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, penambahan luasan dari zona 4 mampu meningkatkan kapasitas daya tampung TPA Manggar hingga 12 tahun ke depan. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan kapasitas buangan sampah masyarakat yang berkisar 350 sampai 400 ton per hari.

Untuk meningkatkan kapasitas TPA Manggar melebihi batas umur yang ditentukan, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat agar mengolah sampah yang dihasilkan agar dapat dimanfaatkan sebelum dibuang ke TPA. Sehingga kapasitas rata-rata sampah yang dihasilkan dapat dikurangi dan umur kapasitas daya tampung TPA Manggar dapat lebih panjang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Besok

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya