Comscore Tracker

Ribuan Pekerja Seni Bakal Ramaikan Balikpapan Manuntung Art Festival  

Menyambut IKN, akan dijadikan agenda rutin

Balikpapan, IDN Times - Ribuan pekerja seni dari seluruh penjuru tanah air akan hadir Balikpapan Manuntung Art Festival & Bagenjoh ke-2 Kaltim tahun 2019 yang digelar 27 - 29 Desember, di Balikpapan Sport Center (Dome Balikpapan).

"Kegiatan kali ini terdiri dari dua kegiatan yakni Manuntung Art Festival merupakan kegiatan tingkat nasional yang digarap oleh DKB (Dewan Kesenian Balikpapan) dan Bagenjoh ke-2 yang merupakan event  Provinsi Kaltim," kata Ketua Dewan Kesenian Balikpapan Karmin Laonggeng kepada wartawan di Sekretariat Dewan Kesenian Balikpapan, Rabu (25/12) malam.

1. Agenda untuk menyambut IKN

Ribuan Pekerja Seni Bakal Ramaikan Balikpapan Manuntung Art Festival  Ketua Dewan Kesenian Balikpapan Karmin Laonggeng (IDN Times/Maulana)

Karmin menjelaskan Balikpapan Manuntung Art Festival dan Bagenjoh ke-2 Kaltim tahun 2019 adalah event besar berskala nasional yang baru pertama kalinya dibuat oleh Dewan Kesenian Balikpapan.

Bagenjoh sendiri adalah sebuah  program dari Dewan Kesenian provinsi Kalimantan Timur yang mana pada tahun ini Balikpapan menjadi tuan rumah.

Sedangkan Balikpapan Manuntung Art Festival  merupakan sebuah event yang menjadi wadah bagi para pelaku, pekerja, pecinta, dan pemerhati seni serta budaya agar bisa menunjukkan kreativitasnya, inovasi serta karya-karyanya ke khalayak luas sekaligus menjadi ajang silaturahmi para seniman dari berbagai penjuru negeri.

"Melalui kegiatan inilah kita dapat melihat serta menyaksikan karya-karya hasil dari seniman-seniman lokal serta seniman luar daerah," jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini potensi kesenian yang ada di Kota Balikpapan dapat terus meningkat seperti di DKI Jakarta untuk mendukung Balikpapan yang bakal menjadi kota penyangga ibu kota negara.

Baca Juga: BNNK Balikpapan Ungkap Bocah 10 Tahun Sudah Konsumsi Sabu-sabu

2. Seniman dari 10 kabupaten/kota akan berkumpul di Balikpapan

Ribuan Pekerja Seni Bakal Ramaikan Balikpapan Manuntung Art Festival  IDN Times/Maulana

Karmin menjelaskan untuk memeriahkan kegiatan Balikpapan Manuntung Art Festival dan Bagenjoh ke-2 Kaltim tahun a 2019, sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur,  Kalimantan Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Surabaya dan Lampung akan hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan juga memberikan efek pada pertambahan pendapatan asli daerah, dengan peningkatan hunian hotel dan restoran dari para peserta dan pengunjung dari dari luar daerah.

"Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, karena ini acara bisa menjadi acuan kita ditahun depan dengan support dari pemerintah dan swasta," ujarnya.

3. Berbagai kegiatan dan lomba digelar

Ribuan Pekerja Seni Bakal Ramaikan Balikpapan Manuntung Art Festival  IDN Times/Maulana

Sebagai rangkaian dalam kegiatan ini, berbagai kegiatan dan lomba digelar, mulai dari lomba tari daerah kontemporer tingkat nasional, tingkat SMP, SMA se-Balikpapan, pameran kuliner, UMKM dan sembako. Pameran seni rupa, maupun Indonesia Island Model Look, serta pameran 70 lukisan pelukis Balikpapan.

Kegiatan ini akan diramaikan penampilan band-band dari berbagai daerah di Kaltim, parade baca puisi pejabat dan tokoh masyarakat, lomba mewarnai tingkat TK dan SD, workshop tari dan musik tradisional dan pentas opera dari DKB.

“Di outdoor juga itu ada panggung terbuka dan kuliner tradisional dan kuliner kekinian di parkir Dome . Disitu juga akan tampil 10 genre musik, dari 10 grup musik, macam-macam (penampilan), dari 27-29 Desember,” terangnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga digelar lomba foto dan film pendek yang menjadikan objek seluruh kegiatan yang berlangsung dalam event tersebut. Untuk lomba foto disiapkan hadiah sebesar Rp2,5 juta dan dan Rp5 juta untuk film pendek.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini  http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Proyek Molor, Wali Kota Balikpapan Ancam Blacklist Kontraktor 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya