Comscore Tracker

Sempat Macet, Dana Pilkada Balikpapan Akhirnya Dapat Dicairkan

Prioritas bayar hutang

Balikpapan, IDN Times - Setelah menunggu tanpa kejelasan akhirnya Pemerintah Kota Balikpapan mencairkan dana hibah untuk KPU guna pelaksanaan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) Kota Balikpapan 2020.

Pencairan dana ini meleset dari target yang diharapkan yakni 14 hari sejak pelaksanaan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kota Balikpapan, KPU Kota Balikpapan, Bawaslu Kota Balikpapan dan Polresta Balikpapan pada 19 September 2019 lalu.

“Jadi mungkin hari atau besok sudah cair dananya, sudah tidak ada hambatan lagi, karena sudah ditandatangani dokumen pencairannya,” kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan Sabrani ketika diwawancarai wartawan di Sekretariat KPU Kota Balikpapan, Senin (14/10).

1. Seluruh dokumen telah dinyatakan lengkap

Sempat Macet, Dana Pilkada Balikpapan Akhirnya Dapat Dicairkanpexels.com/Startup-stock-photos

Sabrani yang biasa disapa Alex menyampaikan pihaknya sudah bertemu dengan tim dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait kepastian pencairan dana hibah Pilkada Kota Balikpapan.

Meski sedikit terlambat, proses tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Kami dijanjikan tadi paling lambat besok (Selasa), dananya sudah masuk ke rekening KPU Kota Balikpapan,” jelasnya.

Menurut Alex, berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan tidak ada kekurangan dokumen persyaratan dalam proses pencairan dana hibah Pilkada Kota Balikpapan. 

Ia menjelaskan, telah terjadi miskomunikasi antara tim Pemkot Balikpapan dengan KPU Kota Balikpapan ketika melakukan proses verifikasi terhadap dokumen pengajuan pencairan dana hibah.

“Kami terus komunikasi dengan BPKAD kalau ada yang kurang kami lengkapi, jadi tidak ada dokumen yang kurang, hanya terjadi miskomunikasi saja sehingga proses pencairannya tidak jalan,” ujarnya.

 

Baca Juga: Dokumen Tak Lengkap, Dana Pilkada Balikpapan 2020 Belum Cair

2. Prioritas bayar hutang launching Pilkada Balikpapan 2020 sebesar Rp900 juta

Sempat Macet, Dana Pilkada Balikpapan Akhirnya Dapat Dicairkantripsavvy.com

Alex menjelaskan, pada tahapan awal pencairan, dana hibah Pilkada Balikpapan yang akan dicairkan tercatat mencapai Rp22 miliar. Dana tersebut ditargetkan sudah masuk ke rekening KPU Kota Balikpapan pada 15 Oktober 2019 ini.

Ia menjelaskan, pihaknya akan memprioritaskan pencairan dana Pilkada untuk membayar hutang KPU Kota Balikpapan pada saat pelaksanaan launching Pilkada yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2019.

Total hutang yang dimiliki KPU Kota Balikpapan pada saat pelaksanaan launching Pilkada Kota Balikpapan 2020 mencapai Rp900 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk membiayai pembelian konsumsi, suvenir dan jasa event organizer.

“Prioritas yang pertama bayar hutang,” ungkapnya.

3. Tahap awal, anggaran paling banyak untuk sosialisasi

Sempat Macet, Dana Pilkada Balikpapan Akhirnya Dapat DicairkanUnsplash.com/Arnaud Jaegers

Dana tersebut paling banyak dipergunakan untuk membiayai tahapan sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Balikpapan untuk menginformasikan pelaksanaan Pilkada Kota Balikpapan pada tahun 2020 mendatang.

“Paling banyak kegiatan yang kami lakukan adalah sosialisasi, supaya partisipasi pemilih juga meningkat pada Pilkada 2020 mendatang, harapan kami seperti itu,” jelasnya.

 

Baca Juga: KPU Balikpapan Dorong Perusahaan Lokal Cetak Kertas Suara 

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You