Comscore Tracker

Sosialisasi, KPU Balikpapan Siapkan Aplikasi Info Pilkada 2020

Bisa cek data pemilih dan TPS dengan mudah

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan berencana meluncurkan aplikasi terkait info Pemilu sebagai sarana informasi tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Balikpapan 2020.

"Kami masih mempersiapkan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar pelaksanakan Pilkada Kota Balikpapan 2020," kata Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim ketika diwawancarai dalam Dialog Publik Pilkada di Graha KNPI Kota Balikpapan, Minggu (1/12).

1. Bisa cek data pemilih hingga lokasi TPS

Sosialisasi, KPU Balikpapan Siapkan Aplikasi Info Pilkada 2020IDN Times/Maulana

Syahrul menjelaskan, "Dengan aplikasi ini nantinya, masyarakat dapat dengan mudah mengecek data dirinya apakah sudah masuk dalam data pemilih," katanya.

Masyarakat juga dapat dengan mudah memeriksa lokasi TPS pemilih dengan menggunakan basis data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimasukkan melalui aplikasi ini.

Aplikasi info Pilkada 2020 juga akan dilengkapi dengan peta TPS, yang akan menunjukkan lokasi TPS pemilih yang bersangkutan. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah menemukan lokasi TPS ketika hendak menyalurkan hak pilihnya.

Baca Juga: Kasus Bandar Ganja Balikpapan, Mahasiswa di Malang Dibekuk Polisi

2. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga

Sosialisasi, KPU Balikpapan Siapkan Aplikasi Info Pilkada 2020IDN Times/Maulana

Syahrul menjelaskan untuk merealisasikan rencana pembuatan aplikasi ini, pihaknya berencana akan melibatkan pihak ketiga dalam proses pembuatannya.

Aplikasi ini nantinya akan dikembangkan dengan menggunakan basis teknologi android dan iOS sehingga dapat dengan mudah berjalan pada semua jenis smartphone.

"Kami akan libatkan pihak ketiga dalam proses pembuatannya, dan saat ini sudah dalam proses pengadaan," katanya.

Pihaknya saat ini tengah mengkaji sejumlah fitur, sehingga aplikasi ini akan bermanfaat bagi masyarakat ketika hendak mengakses informasi seputar pelaksanaan Pilkada.

3. Melibatkan komunitas dan organisasi masyarakat

Sosialisasi, KPU Balikpapan Siapkan Aplikasi Info Pilkada 2020IDN Times/Maulana

Tidak hanya melalui aplikasi, untuk membantu dalam proses penyebaran informasi tahapan Pilkada Kota Balikpapan 2020, pihaknya akan melibatkan sejumlah komunitas dan organisasi masyarakat.

"Kami akan melibatkan kelompok masyarakat dalam melakukan sosialisasi, sehingga informasi tentang Pilkada dapat disosialisasikan ke masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan salah satunya upaya lainnya untuk melakukan sosialisasi tentang Pilkada yakni dengan mendirikan cafe Pemilu yang akan dibangun di Sekretariat KPU Kota Balikpapan.

Juga pendirian Kampung Demokrasi yang akan menjadi wadah informasi Pilkada, sehingga masyarakat tidak mudah terhasut dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau hoaks

Baca Juga: Tiga Kali Ganti Pimpinan, Markas Polresta Balikpapan Belum Rampung

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You