Comscore Tracker

Wali Kota Rizal: Pramuka Membangun Mental dan Karakter Anak Bangsa

Berasal dari Poromuko artinya pasukan terdepan dalam perang

Balikpapan, IDN Times - Ratusan pelajar di Kota Balikpapan mengikuti upacara Peringatan Hari Pramuka yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (14/8). Upacara dipimpin oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, selaku Ketua Pembina Gerakan Pramuka Kota Balikpapan.

Rizal berpesan agar gerakan pramuka dapat terus berkembang dan berperan penting dalam mewujudkan generasi muda Indonesia yang unggul dan siap menghadapi tantangan seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman.

Pada sambutannya Rizal mengatakan, "Pramuka merupakan gerakan kepanduan yang bertujuan membangun mental dan karakter, serta mengasah keterampilan generasi muda."

1. Gerakan pramuka sebagai aset dan warisan bagi generasi penerus

Wali Kota Rizal: Pramuka Membangun Mental dan Karakter Anak BangsaIDN Times/Maulana

Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961.Gerakan pramuka terus berkembang sebagai dasar pendidikan di bidang kepanduan yang berbasis pada Pancasila.

"Pramuka sendiri adalah singkatan dari praja muda karana yang bermakna rakyat muda yang suka berkarya, sehingga saya yakin dan percaya adik-adik anggota gerakan pramuka merupakan generasi  yang mencerminkan masa depan bangsa yang memiliki karakter tangguh, cerdas, kreatif, berbudi pekerti, cinta tanah air NKRI dan tentu saja keren," ujarnya.

Oleh karena itu, Rizal berharap semangat setiap anggota pramuka tidak pernah surut dan senantiasa aktif dalam melestarikan gerakan pramuka ini sebagai aset dan warisan bagi generasi penerus.

Baca Juga: Pramuka Diharapkan Menjadi Agen Bangsa Merawat Ideologi Pancasila

2. Pramuka dapat menjadi sarana menjaga keutuhan NKRI

Wali Kota Rizal: Pramuka Membangun Mental dan Karakter Anak BangsaIDN Times/Maulana

Tema Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 ini yakni  'Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI'. Rizal menjelaskan, "Gerakan pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan memperkuat upaya menjaga keutuhan NKRI," terangnya.

Gerakan pramuka dapat menjadi aset untuk mendidik generasi muda zaman sekarang ke hal-hal positif. "Sejak awal pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi pemuda dan siap membangun keuntungan NKRI,  karena itu pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah," tuturnya.

Pramuka memiliki peran sebagai instrumen strategis dalam mewujudkan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas dan berdaya saing agar bangsa Indonesia semakin maju dan disegani dunia internasional serta membantu menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

3. Berperan dalam mendukung upaya penjagaan lingkungan dan alam, serta penanggulangan sampah plastik

Wali Kota Rizal: Pramuka Membangun Mental dan Karakter Anak BangsaIDN Times/Maulana

Sementara itu, Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir  Pramuka Kota Balikpapan akan terus meningkatkan upaya pembinaan terhadap anggota gerakan pramuka.

"Walaupun belum maksimal tentunya akan kita tingkatkan semaksimal mungkin. Kita berharap para pramuka pramuka Kota Balikpapan akan mampu memberikan prestasi yang terbaik lagi," katanya.

Salah satunya, terlibat dapat upaya pelestarian lingkungan dengan membantu pengurangan penggunaan sampah plastik.

"Saya bilang semua ini pramuka bermanfaat jadi bukan hanya dari sosial budaya tapi juga memberdayakan dan melestarikan lingkungan hidup," tambahnya.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Unik Pramuka Indonesia dan Dunia, Selamat Hari Pramuka! 

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You