Waspada Corona Virus, Batasi Bepergian ke Luar Negeri 

Bandara SAMS Sepinggan maksimalkan thermo scanner

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan mengimbau agar masyarakat tidak berpergian ke beberapa negara suspect virus corona. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ketika melakukan peninjauan pemeriksaan kesehatan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumat (24/1).

"Kami mengimbau agar masyarakat mengurangi bepergian ke negara-negara yang terindikasi terjangkit virus corona, untuk mengurangi resiko tertular penyakit tersebut," katanya.

1. Bandara SAMS Sepinggan tingkatkan kewaspadaan

Waspada Corona Virus, Batasi Bepergian ke Luar Negeri Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Maulana)

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penyebaran virus corona, setelah seorang warga asal Wuhan, Tiongkok terindikasi terjangkit virus tersebut ketika di Singapura.

Menanggapi hal tersebut, Bandara Internasional SAMS Sepinggan meningkatkan kewaspadaannya dengan memaksimalkan pemeriksaan di terminal kedatangan dari luar negeri.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Ratna Sari Dewi meminta agar masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi isu penyebaran virus corona. 

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap penumpang dari luar negeri yang terindikasi demam diatas 38 derajat dengan menggunakan alat thermo scanner yang dipasang di pintu kedatangan.

"Saat ini belum ada temuan, kalau ada temuan penumpang yang terindikasi akan ditangani untuk diperiksa kesehatan. Kalau ternyata ada dugaan terjangkit kami akan rujuk ke rumah sakit," terangnya.

Selain demam tinggi, ada beberapa indikasi lainnya orang yang tertular virus corona, seperti batuk dan sesak nafas. Ratna menerangkan peningkatan kewaspadaan ini akan terus dilakukan sampai ada surat edaran yang baru dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, KKP APT Pranoto Siapkan Thermal Scanner  

2. Petugas wajib gunakan masker dan maksimalkan penggunaan thermo scanner

Waspada Corona Virus, Batasi Bepergian ke Luar Negeri IDN Times/Maulana

Dalam pelaksanaan peninjauan ini, para petugas yang berjaga melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 144 penumpang pesawat Silk Air yang baru mendarat dari Singapura. 

Sebagian besar para penumpang adalah jemaah umroh yang datang dari Arab Saudi dengan transit di Bandara Changi Singapura. Seluruh petugas diwajibkan menggunakan masker dan pindai suhu tubuh dengan menggunakan alat thermo scanner.

"Untuk menanggapi ini, kami minta seluruh instansi yang ada di Bandara untuk menggunakan masker," tambah Ratna.

Seorang penumpang, Edy, yang merupakan jemaah umroh mengaku telah menjalani pemeriksaan ketika melakukan transit penerbangan di Singapura.

"Ini yang kedua kalinya, Alhamdulillah tidak dari kelompok kami yang terindikasi," ujarnya.

Sedangkan, penumpang umroh lainnya, Deky mengatakan kondisi cuaca di Arab Saudi yang memasuki musim dingin menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh, sehingga jemaah rawan terserang penyakit.

"Di Arab, sekarang juga sedang musim dingin, bahkan bisa sampai 6 derajat, jadi sangat berpengaruh," jelasnya.

3. PT Angkasa Pura I meningkatkan koordinasi dengan para stakeholder

Waspada Corona Virus, Batasi Bepergian ke Luar Negeri IDN Times/Maulana

Menanggapi bahaya penyebaran virus corona, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Farid Indra Nugraha menegaskan bahwa pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi yang terlibat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan Bandara SAMS dalam menangani bahaya penyebaran virus corona.

"Setelah ada pernyataan tentang bahaya corona, kami langsung aksi dengan menggelar rapat bersama stakeholder, termasuk dalam melakukan penyempurnaan SOP (Standar Operasi),"  katanya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Dinkes Kaltim Perketat Pengawasan di Bandara 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya