Comscore Tracker

Kengerian Ruko Ditubruk Mobil hingga Terbakar, 7 Orang Tewas

Mobil tabrak ruko penjual bensil eceran, percikan api akibatkan ruko terbakar

Samarinda, IDN Times - Masyarakat Samarinda heboh dengan terbakarnya rumah toko (ruko) di Jalan AW Sjahranie RT 14 Kelurahan Gunung Kelua Kecamatan Samarinda Ulu pada Minggu 17 April 2022 dini hari. Peristiwa kebakaran yang lain dari biasa, di mana awal kobaran api berasal dari peristiwa kecelakaan lalu lintas. 

Mobil Mitsubishi Strada Triton menubruk sebuah toko hingga menimbulkan kobaran api. Tragisnya lagi, kebakaran ini membawa tujuh korban jiwa dan tiga ruko ludes terbakar. 

"Awalnya mobil Triton putih nabrak ruko. Mobil itu laju, saya di sini lagi nunggu orderan. Terus bunyi ledakan 3 kali," kata salah satu saksi mata enggan menyebutkan nama. 

1. Kronologi tabrakan

Kengerian Ruko Ditubruk Mobil hingga Terbakar, 7 Orang TewasUpaya pemadaman Api oleh Disdamkar dam Relawan Minggu 05.45 wita (Istimewa)

Seorang saksi lain bernama Sumarlani (55) mengungkapkan, mobil dobel kabin tersebut melaju kencang di Jalan AW Sjahranie pukul 04.35 Wita. Mendadak, mobil ini melakukan pengereman mendadak dan kehilangan kendali. 

Bumper depan mobil pun menabrak pagar besi ruko hingga terperosok ke dalam parit. Nahasnya lagi, mobil menyenggol deretan botol bensin eceran yang diperdagangkan di tempat itu. 

BBM ini yang diduga memicu timbulnya kobaran api yang membakar seluruh bangunan ruko. 

Saksi lain  Sudarno (50) menyebutkan, pemilik ruko adalah Amiruddin (60). Dan saat kejadian, Amiruddin tidak berada di rumah lantaran pergi berbelanja sayuran. Namun di dalam rumah, masih berisi  delapan orang. Tujuh orang meninggal dan satu lainnya mengalami luka bakar. 

Baca Juga: Ruko di Samarinda Ditubruk Mobil dan Terbakar, 7 Penghuni Tewas

2. Tujuh orang hangus terbakar dan satu kritis

Kengerian Ruko Ditubruk Mobil hingga Terbakar, 7 Orang TewasUpaya evakuasi korban yang dilakukan Disdamkar dan relawan samarinda (Istimewa)

Dalam insiden nahas itu menimbulkan korban jiwa dalam satu keluarga. Dua orang korban sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi satu di antaranya mengembuskan napas terakhir di perjalanan menuju Rumah Sakit AW Syahranie Samarinda. 

"Untuk posisi korbannya saat di temukan dalam evakuasi, yang ada di lantai satu, ada satu korban meninggal terbakar, sisanya yang hidup dan meninggal terbakar juga ada di lantai 2 jadi total korban keseluruhan ada 8 orang," ujar Heri Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda.

3. Berikut identitas para Korban

Kengerian Ruko Ditubruk Mobil hingga Terbakar, 7 Orang TewasSalah satu korban yang tewas terbakar yang di evakuasi. (Nina/IDN Times)

Dari hasil laporan yang dikirim oleh Polresta Samarinda, berikut nama - nama korban insiden itu.

1. Alya, perempuan (16)  meninggal dunia.
2. Kiki Resri (37)  meninggal dunia.
3. Luthfi (16) Korban meninggal dunia.
4. Siti Arabia (50)  meninggal dunia.
5. Sri Ani Rahayu (29) meninggal dunia.
6. M.Wahyu (19) meninggal dunia.
7. Ani (19) meninggal dunia.
8. Aqila (9) luka bakar RS AW Syahrani.

Baca Juga: Polisi Buru Pengendara Mobil yang Sebabkan Kebakaran di Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya