Buaya Jumbo Muncul di Labuan Cermin Berau, Gegerkan Pengunjung

Ketahui soal jenis buaya di sini yuk..

Balikpapan, IDN Times - Seekor buaya berukuran jumbo ditemukan di kawasan wisata Labuan Cermin Berau Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (29/12/2021). Buaya itu muncul dan membuat pengunjung panik dan melaporkan ini ke petugas yang ada di tempat wisata tersebut.

Bersama Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), buaya tersebut pun berhasil diamankan, dengan menggunakan kapal tradisional. Bahkan warga sempat mengabadikan momen penangkapan hewan reptil ini menggunakan kamera ponsel.

"Weh gedenya nah buaya, berhasil ditangkap tadi sama warga. Ini kayanya 6 meter panjangnya," ucap seorang warga dengan gaya bahasa khas Kalimantan, dalam video yang beredar.

1. Membenarkan adanya penangkapan buaya jumbo

Buaya Jumbo Muncul di Labuan Cermin Berau, Gegerkan PengunjungIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Saat dikonfirmasi, Kepala BKSDA Kaltim Ivan Yusfi membenarkan adanya kejadian tersebut. Setelah pihaknya menerima laporan  dari masyarakat, tim pun diterjunkan untuk segera melakukan penanganan.

"Iya laporan dari staf BKSDA Kaltim seksi Konservasi Wilayah I Berau, kejadiannya hari ini," kata dia, melalui pesan singkat WhatsApp.

Sementara itu, Ivan memperkirakan, panjang tubuh buaya bertubuh besar itu mencapai 4,7 meter.

Baca Juga: Ilegal Fishing Ratusan Ikan Hias di Perairan Berau Digagalkan

2. Petugas pindahkan buaya jauh dari pemukiman

Buaya Jumbo Muncul di Labuan Cermin Berau, Gegerkan PengunjungBuaya dengan panjang perkiraan 4,7 meter berhasil dievakuasi tim BKSDA Kaltim di Berau

Sementara itu, petugas pun membawa buaya itu untuk dipindahkan atau direlokasi ke tempat yang aman. Dengan melakukan pemindahan habitat yang jauh dari lingkungan atau pemukiman penduduk.

"Sudah ditangani oleh tim seksi I Berau untuk translokasi," terangnya.

Sebagai informasi, kawasan wisata Labuan Cermin memang tak jauh dari pantai yang menjadi habitat buaya. Dirinya pun mengimbau kepada seluruh pengunjung atau masyarakat sekitar agar berhati-hati dan selalu waspada terhadap keberadaan buaya lainnya.

3. 4 jenis buaya ternyata ada di Kaltim

Buaya Jumbo Muncul di Labuan Cermin Berau, Gegerkan Pengunjungunsplash.com/Crisoforo Gaspar Hernandez

Kemunculan reptil dengan nama latin Crocodylidae ini kerap kali ditemukan masyarakat dan terkadang tertangkap kamera warga. Lokasi yang sering ditemukan adanya buaya ialah Sungai Mahakam Samarinda. Beberapa kali juga, masyarakat menjumpai buaya sampai berjalan ke daratan untuk menyeberang ke lokasi satu ke lokasi lainnya pada malam hari.

Perlu diketahui, di Indonesia terdapat 5 jenis buaya yaitu T. Pchlegelii, C. Porosus, C. Siamensis, C. Raninus dan C. Rovaeguineae. Dari kelima jenis buaya tersebut, empat jenis diyakini terdapat di Kalimantan, kecuali C. Novaeguineae.

Beberapa studi menyebutkan, keempat jenis buaya di Kalimantan termasuk dalam subfamili Crocodylinae. Bila dilihat dari morfologinya, kelompok buaya ini dikenal dengan nama buaya sungguhan (true crocodile), karena bentuk moncongnya memanjang mulai dari bagian posterior tengkorak. Sedangkan bila dilihat dari macam habitat yang disenangi, kelompok buaya ini dikenal dengan nama buaya rawa (palustrine crocodile).

Penyebaran dari keempat jenis buaya yang diyakini terdapat di Kalimantan cukup unik,
karena tidak semua perairan di keempat provinsi di Kalimantan dapat dijumpai keempat jenis buaya tersebut. Buaya jenis C. Siamensis sampai saat ini diyakini hanya terdapat di Kaltim. Bila dilihat dari penyebarannya, C. Siamensis terdapat di Asia daratan, yaitu di Vietnam, Kamboja dan Thailand.

Untuk buaya jumbo yang ditemukan hari ini, masih belum dapat dipastikan oleh pihak BKSDA jenis kelamin dan jenisnya, karena masih fokus dalam pemindahan lokasinya ke tempat yang aman.

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Kekinian dan Ramah Kantong di Berau

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya