Dua Remaja Nekat Beli Ponsel di Konter HP Menggunakan Uang Palsu

Pelaku utama penjual uang palsu ada di Sidoarjo

Balikpapan, IDN Times - Dua anak di bawah umur di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berinisial PL (15) dan NI (16) ditangkap petugas Satreskrim Polresta Balikpapan karena membeli sebuah ponsel menggunakan uang palsu. 

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Rengga Puspo Saputro mengungkapkan, kedua remaja ini nekat membeli menggunakan uang palsu di salah satu konter handphone di Balikpapan.

"Setelah korban sadar belinya pakai uang palsu, akhirnya korban pun melapor ke Polresta Balikpapan," ujar Rengga, saat konferensi pers sore tadi, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: BNNK Balikpapan Gencarkan Edukasi Antisipasi Narkoba di Kelompok IRT

1. Mengaku baru pertama kali transaksi gunakan uang palsu

Dua Remaja Nekat Beli Ponsel di Konter HP Menggunakan Uang PalsuIlustrasi, tersangka. Shutterstock

Rengga menerangkan, para pelaku ini membeli ponsel tersebut senilai Rp6.500.000 menggunakan uang palsu Rp50 ribu-an. 

Atas kejadian tersebut, polisi pun langsung meringkus keduanya di kediamannya masing-masing. "Dan dari pengakuan mereka baru kali ini (bertransaksi) menggunakan uang palsu," bebernya. 

2. Pelaku utama di Sidoarjo ditangkap

Dua Remaja Nekat Beli Ponsel di Konter HP Menggunakan Uang Palsumalangtoday.net

Dari hasil pendalaman, polisi menemukan fakta jika para pelaku mendapatkan uang palsu tersebut dari media sosial Facebook. Di mana para pelaku memesan dari seseorang yang berada di Sidoarjo Jawa Timur (Jatim) dan membelinya dengan harga Rp1.500.000.

"Jadi pelaku utamanya ada di Sidoarjo. Kami sudah koordinasi dengan polisi di Sidoarjo dan pelaku itu akhirnya berhasil ditangkap," terangnya. 

Selain itu, Rengga menuturkan, jika transaksi uang palsu ini memang masuk dalam rangkaian peredaran uang palsu di Sidoarjo. 

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Tetap Eksekusi Lahan Rumah Sakit yang Bermasalah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya