Hubungan Bilateral Pasukan di Negara Super Garuda Shield Semakin Kuat

Kegiatan Super Garuda Shield 2022 akhirnya resmi ditutup

Balikpapan, IDN Times - Penutupan kegiatan latihan gabungan bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2022 berjalan khidmat pada, Minggu (14/8/2022) pagi.
Para pasukan berbaris memberikan penghormatan terakhir bagi ke dua negara yang terlibat dalam kegiatan latgabma Amborawang di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur (Kaltim) selama dua pekan kemarin.

Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo diwakili Wadankodiklat Marsekal Muda (Marsda) TNI Hesly Paat mengatakan, selama 14 hari para prajurit TNI-US Army mendalami banyak teknik infanteri.

"Jadi untuk di sini (Balikpapan) mereka memperdalam kekuatan angkatan darat. Kalau untuk udara dan marinir juga ada tapi di Baturaja," terangnya, saat ditemui di Markas Rider 600/Modang VI Mulawarman usai apel penutupan kegiatan.

1. Super Garuda Shield akan menjadi agenda tahunan

Hubungan Bilateral Pasukan di Negara Super Garuda Shield Semakin KuatTentara Amerika (US Army) berjalan usai penerjunan bersama dengan TNI AD saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumsel pada 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Lanjut Hesly, latihan gabungan yang digelar selama ini memang ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral antara negara-negara yang terlibat. Diketahui total ada 13 negara yang bergabung dalam kegiatan Super Garuda Shield 2022 ini.

Dan Kodam VI Mulawarman sudah dua kali menjadi tuan rumah pelatihan antara TNI dan US Army. "Jadi dari Panglima TNI, ini memang akan menjadi agenda tahunan," terangnya.

Baca Juga: Kota Balikpapan dan Bontang Berstatus Zona Merah Pandemik COVID-19

2. Seluruh angkatan TNI terlibat

Hubungan Bilateral Pasukan di Negara Super Garuda Shield Semakin KuatPrajurit gabungan TNI AD dan Tentara Amerika (US Army) beraksi terjun payung saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur di Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel pada Rabu, 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sebelumnya pada tahun lalu, lokasi latihan Amborawang milik Kodam VI Mulawarman terpilih menjadi titik pelatihan Garuda Shield 2021. Perbedaannya, jika di tahun lalu Garuda Shield hanya digelar untuk angkatan darat saja. Namun kali ini melibatkan seluruh pasukan TNI baik angkatan darat, laut, dan udara.

Di mana sesuai arahan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa latgabma kali ini tak hanya sekadar meningkatkan kemampuan interoperabilitas masing-masing angkatan bersenjata.

Tetapi juga dalam rangka meningkatkan kemitraan strategis multilateral. Melalui komitmen persahabatan dan rasa saling percaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan. 

3. Mendapat pin dan mandau

Hubungan Bilateral Pasukan di Negara Super Garuda Shield Semakin KuatPrajurit US Army terima pin dan mandau (IDN Times/Riani Rahayu)

Di akhir penutupan, nampak para pasukan TNI-US Army bercampur dan mengaitkan pelukan sebagai tanda persahabatan yang telah terjalin selama pelatihan.

Masing-masing dari para pasukan juga menerima pin kehormatan dan pisau mandau kecil sebagai tanda rampungnya pelatihan bersama tersebut.

Baca Juga: Polisi Selidiki Video Mesum di Kafe Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya