Ini Solusi Baru untuk Dapatkan Minyak Goreng yang Lagi Langka

Lempar gelang, masuk, dapat deh. Semoga beruntung..

Balikpapan, IDN Times - Indonesia kini dihadapkan pada situasi 'mencekik' akibat naiknya minyak goreng di pasaran. Harga minyak goreng yang biasanya Rp35 ribu untuk dua liter, kini menanjak menjadi Rp45-50 ribu per dua liternya.

Kondisi ini jelas membuat masyarakat tersiksa. Akhirnya panic buying pun sulit dihindarkan. 

Beberapa minimarket bahkan dijatah dari distributor hanya dapat menyetok minyak goreng sesuai yang didapat distributor juga. Jika dilihat di media sosial 'drama' antre panjang karena minyak goreng kini lebih sering mengisi lini masa.

Itu salah satu cara mereka agar tak kehilangan kesempatan mendapatkan bahan baku untuk menggoreng ini. Namun pernah kah terpikir, ada satu cara mendapatkan minyak goreng tanpa harus antre sambil berpanas-panasan dan saling berdesakan.

Yaitu dengan mengikuti games di pasar malam. Nama games-nya adalah lempar gelang. 

1. Pilih peruntungan di games lempar gelang

Ini Solusi Baru untuk Dapatkan Minyak Goreng yang Lagi LangkaMinyak goreng dan minuman dijejer sebagai hadiah lempar gelang (istimewa)

Ya, meski permainan ini mengandalkan keberuntungan tetapi cara ini dinilai lebih baik, ketimbang harus berdesakan di ritel-ritel. 

Hal ini diakui oleh Riyadi, warga Gang Buntu Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) yang sempat mengikuti games lempar gelang di Pasar Malam Muara Rapak malam ini, Senin (14/3/2022).

"Daripada capek-capek mengantre tapi gak dapat minyaknya, mending ikut ini. Sekalipun dapat di pasar harganya mahal banget," ucap pria yang akrab disapa Yadi ini.

Jika diperhatikan, rupanya peminat permainan ini cukup banyak. 

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Ancam Pidanakan Pelaku Penimbun Minyak Goreng

2. Rp10 ribu bisa dapat kesempatan 30 kali main

Ini Solusi Baru untuk Dapatkan Minyak Goreng yang Lagi LangkaPermainan lempar gelang di pasar malam, hadianya minyak dan minuman (istimewa)

Permainan lempar gelang ini terbilang gampang-gampang sulit. Pengunjung diberi jarak lempar sekitar dua meter dari sasaran.

Untuk harga, pemilik games menarik tarif Rp10 ribu sekali main. Nantinya pengunjung akan diberi kesempatan sebanyak 30 karet gelang untuk 30 kali lemparan ke arah sasaran atau hadiah yang dipajang

Kalau beruntung, ya pastinya bakal bawa pulang minyak goreng atau minuman. Tapi kalau gagal, sabar ya. Bisa coba lagi kok.

3. Membawa berkah bagi pedagang permainan

Ini Solusi Baru untuk Dapatkan Minyak Goreng yang Lagi LangkaIlustrasi pasar malam/bacatangerang.com

Berkah buat pemain, berkah juga buat pemilik permainan. Siapa sangka, permainan ini bisa jadi solusi di tengah kelangkaan minyak goreng saat ini.

Muhammad, pedagang permainan lempar gelang mengaku stok minyak goreng untuk permainan ini sudah ada sebelum kelangkaan terjadi. 

Karena minyak goreng yang sulit didapat, lanjut dia, lapak miliknya kini selalu ramai dikunjungi warga. Kebanyakan di antara mereka adalah ibu rumah tangga yang mencoba peruntungan melempar gelang tersebut.

"Kan pasar malam ini pindah-pindah, hari ini di Muara Rapak, besok di tempat lain lagi. Tapi di mana pun itu selalu ramai yang main," ujarnya.

Selain lempar gelang, ada juga permainan tebak gambar yang menawarkan hadiah minyak 1 liter.

Baca Juga: Jasad Perempuan Mengapung di Perairan Kampung Baru Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya