Kejar Target Vaksinasi, Polda Kaltim Rencanakan Vaksinasi Door to Door

Vaksin ketiga berjalan usai vaksin anak dan lansia tercapai

Balikpapan, IDN Times - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kalimantan Timur (Kaltim) terus digencarkan demi mengejar target capaian 70 persen. Tentunya vaksinasi ini menjadi fokus utama Pemerintah di awal tahun 2022 yang harus diselesaikan, agar bisa melancarkan program berikutnya yakni vaksinasi ketiga atau booster di bulan yang sama.

Berdasarkan data yang dihimpun untuk vaksin anak, sekiranya ada 600 lebih sekolah untuk pendidikan anak usia dini atau PAUD yang akan menerima vaksinasi. Maka itu, dalam 2 minggu ini Polda Kaltim bersama pemerintah akan melancarkan vaksinasi secara terus-menerus.

“Jadi untuk PAUD ini, mudah-mudahan dalam 2 minggu ini kami tuntaskan. Nantinya akan masuk juga untuk anak usia 6-11 tahun. Jadi minggu depan akan kami targetkan 2.000 penerima untuk mengejar (target),” ujar Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, saat ditemui di BSCC Dome, Jumat (7/11/2022).

1. Kejar target vaksin lansia dalam 2 hari

Kejar Target Vaksinasi, Polda Kaltim Rencanakan Vaksinasi Door to Door(IDN Times/Riani Rahayu)

Selain vaksin anak, nampaknya vaksinasi lansia juga dapat mencapai target dalam waktu dekat. Data dari Dinkes Provinsi Kaltim menyebutkan, vaksinasi lansia sudah mencapai 58,5 persen. Di mana dibutuhkan 10,5 persen lagi agar vaksinasi lansia dapat menyentuh 60 persen targetnya.

Untuk bisa meraih itu, pemerintah akan mengejar vaksinasi dalam waktu dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu.

“Jadi kami kejar target agar Senin, kami akan launching vaksinasi Merdeka Anak untuk di Kaltim,” kata Imam.

Imam menyebut, saat ini baru ada tiga daerah di Kaltim yang menjalankan vaksinasi anak, yaitu Balikpapan, Bontang, dan Mahakam Hulu. Agar vaksinasi Merdeka anak dapat berjalan, perlu capaian target dari vaksinasi lansia. Jika itu mencukupi, maka di miggu depan vaksinasi anak akan dilakukan di 10 kabupaten/kota lainnya.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

2. Rencanakan vaksinasi door to door ke pedalaman

Kejar Target Vaksinasi, Polda Kaltim Rencanakan Vaksinasi Door to Door(IDN Times/Riani Rahayu)

Sementara di Kaltim, masih ada beberapa daerah yang aksesnya masih sulit dijangkau. Agar pemberian vaksin dapat merata, Polda Kaltim bersama jajarannya berencana akan melakukan vaksinasi secara door to door atau mengunjungi langsung rumah-rumah di sana.

“Daerah pedalaman selalu akan menjadi kendala, tapi tetap kita akan cari pola, salah satunya dengan pola door to door. Insya Allah yakin (vaksinasi tercapai),” tuturnya.

Saat ini, Polda Kaltim sendiri mulai menyusun langkah untuk pelaksanaan vaksinasi ke pedalaman. Diperkirakan juga akan mulai berjalan minggu depan.

3. Capaian vaksinasi di Balikpapan

Kejar Target Vaksinasi, Polda Kaltim Rencanakan Vaksinasi Door to DoorKepala DKK Balikpapan, Andy Sri Juliarty. (IDN Times /Hilmansyah)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, saat ini capaian vaksinasi di Kota Balikpapan untuk anak usia 6-11 tahun sudah menyentuh angka 68 persen. Tak disangka, angka tersebut bisa cepat didapatkan karena banyak anak-anak yang mau ikut dalam vaksinasi ini.

Maka itu, dalam waktu 2 minggu ini juga Kota Balikpapan akan berusaha mencapai target vaksinasi anak.

“Karena setelah ini kita akan mempersiapkan untuk vaksinasi dosis ketiga,” ucap Dio, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Belum Mencapai Target di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya