Comscore Tracker

Kepercayaan Masyarakat Meningkat sebagai Hadiah HUT TNI ke 77

Lirik lebih jauh bagaimana program kedekatan TNI ke rakyat

Balikpapan, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat kebahagiaan dua kali lipat. Di tengah peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 77 ini, TNI justru mendapat hadiah kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

Berdasarkan hasil survei lembaga indikator politik se-Indonesia (IPI), kepercayaan publik terhadap TNI melambung tinggi menyentuh 93,2 persen.

Hal ini semakin terlihat kala parade alutsista yang digelar di depan Makodam VI Mulawarman di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), mendapat sambutan antusias dan disaksikan masyarakat dengan suka cita.

Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo turut menyampaikan suka citanya atas hasil tersebut. "Pastinya kami sangat senang, berarti masyarakat cinta dengan TNI. Sehingga bagaimana kita harus meningkatkan itu terus agar TNI selalu dicintai rakyat," tuturnya, Selasa (5/10/2022).

1. Usung tema "TNI Adalah Kita"

Kepercayaan Masyarakat Meningkat sebagai Hadiah HUT TNI ke 77Pangdam VI Mulawarman saat dinobatkan sebagai orang tua asuh untuk mengatasi stunting (dok. Istimewa)

Mengusung tema, "TNI Adalah Kita", Tri Budi Utomo menyampaikan bagaimana kilas balik TNI yang lahir dari rakyat berjuang bersama mengusir penjajah dari bumi nusantara. Maka itu dirinya mengatakan kepada seluruh jajaran TNI agar selalu mengingat tugasnya yang juga menjadi kepentingan rakyat.

"Jadi intinya bagaimana kami bisa menyejahterakan rakyat, itulah kenapa kami mengusung tema tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Tiga Rumah Ambruk Akibat Longsor di Balikpapan, Satu Penghuni Terluka

2. Program kedekatan TNI kepada masyarakat

Kepercayaan Masyarakat Meningkat sebagai Hadiah HUT TNI ke 77TNI Kodam VI Mulawarman saat laksanakan donor darah (dok. Istimewa)

Sama dengan instansi lainnya, TNI juga memiliki program yang menyentuh langsung masyarakat.

Beberapa program tersebut adalah, bedah rumah, melancarkan vaksinasi selama pandemik, ketahanan pangan, kebersihan di antaranya pantai, program donor darah, sampai menjadi orangtua asuh untuk mengatasi stunting pada anak. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya sangat membantu, baik dari sisi masyarakat maupun pemerintah daerah.

"Untuk ketahanan pangan itu sudah berjalan, bahkan di semua kodam pasti melaksanakan itu. Kalau di Kodam VI Mulawarman itu untuk ketahanan pangannya sudah (menggarap) 1.000 hektare lebih," terangnya.

Lebih jauh, program ketahanan pangan ini disebutnya telah dilakukan bersama seluruh kelompok tani dalam cakupan wilayah Kodam VI Mulawarman.

Menariknya selain ketahanan pangan, TNI juga turun langsung membantu masyarakat agar dapat merasakan air bersih. Sedikitnya sudah ada 131 titik pengairan air bersih yang dibuat untuk masyarakat.

3. TNI bentuk satgas khusus untuk amankan IKN

Kepercayaan Masyarakat Meningkat sebagai Hadiah HUT TNI ke 77Sejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain itu, mengingat wilayah Kaltim kini sedang menghadapi persiapan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), TNI tentu tak tinggal diam.

Pangdam IV Mulawarman menerangkan, pihaknya bersama Polda Kaltim dan Badan Otorita IKN telah membentuk satgas khusus pengamanan. Di dalam satgas tersebut diisi sebanyak 380 aparat gabungan.

"Pastinya jumlah itu akan bertambah seiring dengan perkembangan pembangunan yang ada di sana," kata dia.

Pun termasuk di bagian wilayah perbatasan, pihaknya sudah mengamankan sebanyak 13.017 patok dengan luasan pengamanan berjarak 1.038 Kilometer.

"Dan pasukan kami yang sudah ada di sana untuk melakukan patroli sebanyak 900 orang pasukan," tutupnya.

4. Serangkaian kemeriahan HUT TNI ke 77

Kepercayaan Masyarakat Meningkat sebagai Hadiah HUT TNI ke 77Pelaksanaan defile yang diikuti kelompok pamen, pama, wan TNI maupun pasukan bersenjata (dok. Istimewa)

Dari serangkaian perayaan HUT TNI ke 77 ini, Kodam VI Mulawarman menggelar apel bersama seluruh jajaran. Meski dihadapkan kondisi cuaca yang gerimis, namun tak menyurutkan semangat TNI merayakan upacara.

Setelah itu, para tamu disuguhi dengan atraksi kolone senjata dari Yonif R 600/Mdg, bela diri karate oleh Yonzipur 17/AD, bela diri silat oleh Yonkav 13/SL, dan tarung bebas oleh Lanal Balikpapan.

Sejurus kemudian, dilaksanakan atraksi Drum Band Gita Canka Yonif 614/Raja Pandhita yang berhasil membuat decak kagum peserta upacara dan tamu undangan maupun pelajar yang hadir dalam upacara tersebut.

Kemeriahan Upacara HUT TNI ke-77 di lapangan Makodam VI Mulawarman pun dilanjutkan dengan pelaksanaan defile yang diikuti kelompok pamen, ama, wan TNI maupun pasukan bersenjata.

Hal yang menarik dari defile ini adalah bagaimana pengerahan alutsista Satbanpur (Bantuan Pertempuran) yang tersusun dari kendaraan Jihandak (penjinak bahan peledak) dan Nubika (Nuklir, Biologi dan Kimia), meriam 105 dan 23 mm, Panser Anoa, rudal MML Poprad, Sea Reader Boat, dan Landing Craft Rubber (LCR) TNI AD dan AL, sehingga mampu untuk menarik minat masyarakat, terlebih lagi beberapa kendaraan ditumpangi oleh ratusan pelajar.

Dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh 1.090 pasukan upacara, 338 pendukung, dengan jumlah sekitar 1.428 orang. Selepas kegiatan defile, pangdam dan para tamu kehormatan menuju lapangan tembak Mulawarman untuk meresmikan Mulawarman Shooting Club (MSC).

Baca Juga: Pria di Balikpapan yang Bakar Istrinya hingga Tewas Kini Tahanan Rumah

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya