Korban Keempat Kebakaran KM 2 Ditemukan di Bawah Reruntuhan Bangunan

Ini daftar nama seluruh korban meninggal insiden kebakaran

Balikpapan, IDN Times - Petugas BPBD Kota Balikpapan bersama relawan kembali menemukan satu korban lainnya dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Soekarno-Hatta KM 2, RT 13, Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (8/2/2022).

Proses evakuasi berjalan dramatis, di mana pihak BPBD Balikpapan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum harus menurunkan excavator agar bisa menyingkirkan puing-puing bangunan di lokasi korban tertimbun.

Proses pencarian korban terakhir yang diketahui berjenis kelamin laki-laki ini berlangsung selama 30 menit atau sekitar pukul 13.10 Wita. Dengan jasad didapatkan diduga berada di area dapur.

Nampak saat proses evakuasi, tubuh korban sudah tak berbentuk dan sulit dikenali. Bahkan tangan dan kakinya terpisah dari tubuh.

1. BPBD masih menunggu informasi resmi lurah

Korban Keempat Kebakaran KM 2 Ditemukan di Bawah Reruntuhan BangunanDPU turunkan excavator untuk membantu pencarian korban terakhir (IDN Times/Riani Rahayu)

Saat ditemui di TKP, Sekretaris BPBD Kota Balikpapan Izmi Novian membenarkan dan menyebut jasad itu sebagai korban ke empat. 

Sementara untuk identitas, Izmi belum dapat membeberkannya karena masih menunggu laporan resmi dari Lurah kawasan setempat.

"Nanti kami cek lagi ya, yang jelas kami fokus ke bencana dulu," ucapnya.

Sedangkan untuk semua jasad korban kebakaran telah dievakuasi menuju Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan Kota. Dengan penemuan korban terakhir ini, pihak BPBD Balikpapan secara resmi menutup proses pencarian. 

Baca Juga: Tragis, Kebakaran Ruko di Balikpapan Ditemukan Tiga Korban Terpanggang

2. Identitas para korban

Korban Keempat Kebakaran KM 2 Ditemukan di Bawah Reruntuhan BangunanDetik-detik korban Indra ditemukan (IDN Times/Riani Rahayu)

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima oleh media ini korban terakhir yang ditemukan bernama Indra Sofyan (25). Korban diketahui adalah karyawan makanan cepat saji dari ruko yang terbakar itu.

Selain Indra, BPBD lebih dulu sudah menemukan karyawan lain yang turut menjadi korban dalam insiden ini. Yakni korban Lukman Harun (25) dan Adi Nurdiansyah (25) yang ditemukan di lokasi yang sama, yakni posisinya di bawah tangga.

Cukup menyedihkan, ketiga karyawan ini bukan warga Balikpapan atau perantauan. Dari identitas mereka, ketiganya berasal dari Pulau Jawa.  

"Yang dua ini kemungkinan kejebak di dalam, karena setahu saya tidak ada jalan keluar lain, sedangkan pintu ini terkunci," ucap seorang warga Susilo.

Untuk korban yang pertama ditemukan bernama M Noor (49), dari ruko pangkas rambut. M. Noor terlambat diselamatkan karena api menjalar begitu cepat. Sedangkan korban diketahui sedang sakit stroke. Sementara anak dan istrinya berhasil selamat.

3. Tim Labfor bawa abu dan kabel untuk diperiksa

Korban Keempat Kebakaran KM 2 Ditemukan di Bawah Reruntuhan BangunanLokasi kebakaran di KM 2, Muara Rapak, Balikpapan Utara (IDN Times/Riani Rahayu)

Insiden ini juga sudah dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian. Saat ditemui di tempat kejadian bencana, Tim Labfor dari Polda Kaltim Kompol Hadi Purwanto mengungkapkan, pihaknya membawa dua barang dari TKP untuk diperiksa sebagai barang bukti.

"Kami ambil barang bukti abu dan kabel, nanti selengkapnya ke Kasatreskrim ya," tutupnya.

Dalam olah TKP yang berlangsung siang tadi, tim juga melakukan penyelidikan dari mana titik api berasal. Dibantu oleh Tim Inafis Polresta Balikpapan dan jajaran Polsek Balikpapan Utara, beberapa tempat didatangi oleh petugas, terutama di titik korban ditemukan.

Gambar udara juga telah diambil menggunakan drone, serta meminta keterangan sejumlah saksi yakni karyawan dari ruko serta warga sekitar.

Baca Juga: Ratusan Jemaah Haji dari Balikpapan Divaksin Booster COVID-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya