Comscore Tracker

Modus Licin Penyelundupan Sabu ke Lapas Narkotika Samarinda

Sabu seberat 25 gram dimasukkan dalam menu ikan

Balikpapan, IDN Times - Lapas Narkotika Kelas IIA Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menggagalkan upaya penyeludupan narkotika jenis sabu pada, Senin (6/6/2022). Narkoba tersebut didapati petugas disela waktu kunjungan sekitar pukul 10.05 Wita.

Kepala Lapas Narkotika Samarinda Hidayat mengatakan, barang terlarang itu diselundupkan melalui pengunjung yang menitipkan makanan untuk warga binaan.

"Jadi modusnya sabu tersebut diselundupkan melalui makanan yang dibawa pengunjung," ujarnya.

Baca Juga: Sidang Korupsi Bupati PPU akan Digelar di PN Tipikor Samarinda

1. Kronologis pengungkapan

Modus Licin Penyelundupan Sabu ke Lapas Narkotika SamarindaPetugas Lapas Narkotika saat temukan narkoba jenis sabu dalam olahan makanan ikan tuna (istimewa)

Adapun kronologisnya, bermula dari kecurigaan petugas terhadap dua pengunjung yang membawa beberapa jenis makanan yang hendak diberikan ke WBP. Ia adalah salah seorang narapidana penghuni Lapas Narkotika Samarinda.  

Setelah diperiksa lebih jauh, petugas pun mendapatkan 4 paket kristal bening yang ditemukan dalam olahan makanan ikan nila sambal. Yang diperkirakan totalnya seberat 25 gram.

Selanjutnya petugas melaporkan temuan tersebut kepada Kw. KPLP dan diteruskan ke Kalapas. "Selanjutnya kami koordinasikan lebih lanjut dengan Satresnarkoba Polresta Samarinda," kata Hidayat.

2. Pengunjung dan barang bukti diamankan

Modus Licin Penyelundupan Sabu ke Lapas Narkotika SamarindaPetugas saat memeriksa makanan yang dibawa pengunjung (istimewa)

Sementara itu, pengunjung dan barang bukti sudah diserahkan oleh petugas lapas ke Polresta Samarinda. Untuk menjalankan proses pemeriksaan lebih lanjut.

Hidayat mengatakan, pihaknya tak akan tinggal diam dengan peredaran narkotika yang terjadi di Lapas Narkotika. 

"Kami berkomitmen penuh untuk tidak main-main dengan narkoba. Kita juga akan bersinergi dengan aparat penegak hukum terkait untuk memberantas narkoba terkhusus apabila ada upaya penyelundupan ke Lapas," tuturnya. 

Baca Juga: Penyelundupan Sabu di Lapas Narkotika Samarinda Digagalkan Petugas

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya