Nama Briptu Hasbudi Terseret Kasus Pembunuhan Tiga Pengantar Udang

Polair Polres Tarakan sempat jadikan kasus ini laka air

Tarakan, IDN Times - Nama Briptu Hasbudi ramai diberitakan. Dia diduga sebagai pelaku dalam kasus tambang emas dan kejahatan ilegal lainnya di Kalimantan Utara (Kaltara). Namanya kembali terseret dalam kasus pembunuhan di perairan Tanjung Pasir pada 13 November 2021 lalu.

Hasbudi diduga sebagai dalang yang melenyapkan nyawa tiga pengantar udang tersebut. Kasus ini seolah hilang arah karena buramnya saksi yang terlibat.

Saat dihubungi IDN Times, Kasat Polair Polres Tarakan, Iptu Jamzani, menuturkan, hingga sejauh ini sudah ada 21 saksi yang diperiksa. 

"Tapi sampai saat ini belum ada saksi tambahan, kami kesulitan menemukan saksi yang melihatnya," ujarnya, Sabtu (7/5/2022). 

1. Polisi terima banyak laporan soal kasus pembunuhan tiga pengantar udang tersebut

Nama Briptu Hasbudi Terseret Kasus Pembunuhan Tiga Pengantar Udangfoto saat salah satu korban diperiksa terkait adanya kekerasan tak biasa ditubuh korban (IDN Times/dok. Keluarga korban)

Saat ini kasus kematian tiga pengantar udang itu mendapatkan titik terang. Sebab, berdasarkan keterangan seseorang yang enggan disebutkan namanya, menyebut ada keterikatan antara oknum polisi Polair yang tertangkap itu dengan kasus kematian tiga pengantar udang tersebut.

Pernyataan tersebut semakin menguat. IDN Times mencoba untuk memastikan informasi ini ke Dirkrimsus Polda Kaltara, AKBP Hendy Febrianto Kurniawan.

"Kalau informasi dari masyarakat (soal kasus pembunuhan) ya sudah banyak, tapi sekarang domainnya kami masih di penyelidikan soal kasus ilegal," tuturnya.

Lanjut dia, namun tak menutup kemungkinan kasus ini akan diungkap jika penyidik sebelumnya yang menangani kasus ini berkoordinasi dengan pihaknya untuk membongkar kasus tersebut. 

Sebelumnya, Hasbudi berencana akan menghilangkan semua bukti kejahatannya dan berusaha melarikan diri.

Sedangkan kasus kematian tiga pengantar udang ini sempat disebut sebagai kecelakaan kapal biasa oleh Kasat Polair Polres Tarakan yang menjabat sebelum Jamzani. Hingga akhirnya hasil otopsi telah membuktikan adanya kekerasan pada tubuh korban.

Baca Juga: Duit Haram Briptu Hasbudi Diduga Mengalir Hingga Kantong Pejabat

2. Tim Krimsus temukan 9 speedboat

Nama Briptu Hasbudi Terseret Kasus Pembunuhan Tiga Pengantar UdangBriptu Hasbudi saat diamankan kemarin oleh Ditreskrimsus Polda Kaltara (istimewa)

Selain itu, dari hasil pengembangan hari ini, polisi telah mengamankan 9 speedboat (kapal cepat). Kemarin, polisi sempat mengamankan tiga speedboat celebes yang digunakan untuk mengangkut baju rombengan.

Saat sampai di lokasi, tim intelijen hanya mendapati kendaraan-kendaraan air tersebut. Sementara anak buah Briptu Hasbudi telah melarikan diri. 

"Jadi total sudah ada sembilan speedboat yang berhasil diamankan tim khusus, hingga saat ini masih dilakukan pengecekan 10 kontainer dengan anjing K-9," jelasnya. 

3. Kasus dinaikkan ke tahap penyidikan

Nama Briptu Hasbudi Terseret Kasus Pembunuhan Tiga Pengantar UdangTambang emas ilegal milik oknum polisi Briptu Hasbudi (istimewa)

Sementara sampai per hari ini, kasus Briptu Hasbudi telah dinaikkan ke tahap penyidikan. Hal tersebut berdasarkan dari banyaknya bukti yang telah ditemukan di lapangan. 

17 kontainer, sembilan speedboat, dan tambang emas ilegal yang telah ditutup menjadi bukti kuat untuk menahan Hasbudi dibalik jeruji.

Tim Krimsus juga masih terus melakukan pengembangan soal nama pejabat yang pernah dikirimi uang oleh Briptu Hasbudi. "Nanti kami minta bantuan dari KPK, untuk melakukan aset tracing," ucap Hendy.

Sebagai informasi, sosok Hasbudi ini memang cukup tersohor di wilayah Kaltara. Bisnisnya terbilang cukup banyak dan sukses. Masyarakat Kaltara pun mengenalnya.

Baca Juga: Kasus Briptu Hasbudi, Tambang liar, Penyelundup, dan Pukul Jurnalis

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya