Comscore Tracker

Pelatihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Dibuka, Libatkan 13 Negara

Pelatihan persahabatan kedua yang diselenggarakan TNI

Balikpapan, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menggelar pelatihan persahabatan antar negara Super Garuda Shield 2022.  Dalam latihan bersama (latma) kali ini, ada 13 negara yang terlibat, di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada, New Zealand dan Korea Selatan.

Mewakili Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo, Kepala Staf TNI Kodam VI Mulawarman Brigadir Jenderal TNI Ibnu Bintang Setiawan mengatakan, kegiatan latihan ini sudah berjalan sejak 1 Agustus 2022.

"Dan akan berlangsung selama 14 hari ke depan," ujarnya kepada awak media usai seremoni pembukaan Super Garuda Shield 2022, Rabu (3/8/2022).

1. Membangun kepercayaan dan pengalaman bersama

Pelatihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Dibuka, Libatkan 13 NegaraGubernur Kaltim Isran Noor saat menjabat tangan perwakilan pasukan yang akan ikut pelatihan Super Garuda Shield (IDN Times/Riani Rahayu)

Ada empat lokasi yang dijadikan latma bersama perwakilan negara-negara tersebut.

Yakni Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad Baturaja, Dabo Singkep Kepulauan Riau, Daerah Latihan Kodam VI/Mulawarman Amborawang, dan Bandara Sultan Mahmud Baharuddin Palembang.

"Jadi latihan ini dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade serta menciptakan komunikasi antar personel latihan dalam suatu operasi," tuturnya.

Baca Juga: Warga Memprotes Lahannya yang Digusur Kodam Mulawarman

2. Jumlah personel yang terlibat

Pelatihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Dibuka, Libatkan 13 NegaraPara pimpinan dan pasukan berfoto bersama (IDN Times/Riani Rahayu)

Super Garuda Shield 2022 merupakan sebuah ajang latihan bersama dengan skala yang cukup besar antara Indonesia dan negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasific. 

Melibatkan 4.337 personel. Dengan rincian TNI 3.455 personel (AD 1.995, AL 704 dan AU 756), US 1.337 personel, Australia 91 personel, Jepang 110 personel, Singapura 52 personel, Malaysia 3 personel, Inggris 2 personel, Papua Nugini 5 personel, Timor Leste 4 personel, India 2 personel, Kanada 3 personel, New Zealand 2 personel dan Korea Selatan 3 personel.

Khusus di wilayah Kodam VI/Mulawarman, latma Super Garuda Shield 2022 yang diselenggarakan di Daerah Latihan Kodam VI/Mulawarman Amborawang yang melibatkan personel TNI AD dari Yonif 623/Bwu dan US Army.

Dengan personel terlibat dari Yonif 623/Bhakti Wira Utama (BWU) Banjarbaru, Kalimantan Selatan sebanyak 306 orang. Terdiri dari penyelenggara 150 orang, pelaku 150 orang dan kru heli sebanyak 6 orang.

"Sedangkan personel dari US Army yang terlibat latihan sebanyak 173 orang terdiri dari Tim Torch sebanyak 10 orang, FP 2 orang, Trail 5 orang dan Main Body sebanyak 156 orang," terang Ibnu.

3. Sudah ada penandatanganan kerja sama latihan

Pelatihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Dibuka, Libatkan 13 NegaraPara pasukan TNI-US Army menyanyikan yel-yel (IDN Times/Riani Rahayu)

Selain itu sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan Exercise Support Agreement (ESA).

Yang pertama antara TNI-AD dan United States Army Pacific Command (Usarpac) dengan peserta yang tergabung dalam ESA dalam mendukung Garuda Shield 16/2022 adalah Australia, Jepang, dan Singapura.

Kedua, antara Kopasgat dan 31st Marine Expeditionary Unit (MEU) Amphibious Reconnaissance Platoon (ARP) melaksanakan kegiatan mission planning, kegiatan Austeree Airfield Operation. .

"Dan materi yang akan dilaksanakan dalam latihan di Amborawang yaitu Operasi Serangan atau Field Trainning Exercise/FTX dan tingkat Kompi dan Latbak Senban atau Life Fire Exercise/LFX," tutupnya. 

Baca Juga: Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 Prajurit

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya