Polisi Beberkan 11 Tahanan Kabur Gunakan Sarung dan Gergaji Kecil

Para pelaku merupakan tahanan kasus PPA

Balikpapan, IDN Times - Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi V Thirdy Hadmiarso mengungkapkan, 11 tahanan yang kabur hanya bermodal sarung dan gergaji kecil.

Para pelaku nekat menggergaji teralis besi yang ada di ventilasi. Peristiwa itu tepatnya terjadi dini hari tadi, Sabtu (31/12/2022) sekira pukul 00.05 Wita. 

"Benar telah terjadi tahanan melarikan diri semalam. Tiga orang sudah kami amankan sekitar pukul 3 dini hari. Selebihnya masih kami lakukan pengejaran," jelasnya, saat konferensi pers siang tadi. 

1. Para pelaku panjat ventilasi kamar tahanan dan turun menggunakan ikatan sarung

Polisi Beberkan 11 Tahanan Kabur Gunakan Sarung dan Gergaji KecilKapolresta Balikpapan Kombes Thirdy Hadmiarso. Foto istimewa

Usai berhasil menjebol ventilasi, para tahanan kabur tersebut diketahui menggunakan sarung untuk memanjat dan turun dari sana.

Setelahnya mereka mengendap-endap keluar melalui pagar tembok belakang kantor Polresta Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Jadi mereka turun dari ventilasi menggunakan ikatan sarung lalu keluar lewat pagar tembok di belakang," jelas Thirdy. 

Baca Juga: Penyebab Kecelakaan di Simpang Rapak Balikpapan karena Human Eror

2. Polisi dalami kasus 11 tahanan kabur

Polisi Beberkan 11 Tahanan Kabur Gunakan Sarung dan Gergaji KecilIlustrasi Napi yang Melarikan Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejauh ini, ia telah menyebar personel polisi ke sejumlah titik di Kota Balikpapan untuk memburu delapan tahanan kabur lainnya. Dibantu oleh personel dari Polda Kaltim. 

"Sementara kami telusuri juga unsur pidana lain dan yang membantu mereka melarikan diri atau unsur yang membantu memberikan gergaji," tuturnya.

3. Para pelaku adalah tahanan kasus PPA

Polisi Beberkan 11 Tahanan Kabur Gunakan Sarung dan Gergaji KecilIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Thirdy mengungkapkan, ke-11 tahanan tersebut berasal dari ruang tahanan yang sama. 

Mereka juga merupakan pelaku tindak pidana PPA yang ditangani Unit PPA Satreskrim Polresta Balikpapan.

Disinggung mengenai jumlah tahanan yang penuh di sel Polresta Balikpapan, ia mengatakan jumlah tahanan masih sesuai kapasitas.

"Ruang tahanan delapan, masing-masing bisa diisi 10 orang. Total tahanan ada 106 orang, masih sesuai dengan kapasitas untuk 105 tahanan," tutupnya. 

Baca Juga: Simpang Lima Muara Rapak di Balikpapan Kembali Memakan Korban

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya