Comscore Tracker

Resmikan Apel Dansat, Panglima Ingatkan Tugas Kawal IKN dan Pemilu

Komitmen tindak tegas tindakan ilegal di wilayah IKN

Sepaku, IDN Times - Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso mengungkapkan, akan ada 17 satuan yang nantinya berdiri di titik Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Yakni markas besar angkatan darat (Mabesad) TNI AD yang akan bergeser ke IKN, Kodam IKN Nusantara, Kodim, koramil, hingga satuan tempur akan yang dibangun mulai dari kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) hingga pengawasan pengembangan IKN.

"Kemarin kami sudah melakukan finalisasi untuk rapat-rapat, dan menetapkan 17 satuan di angkatan darat yang akan dibangun di sini," jelasnya, kepada awak media usai kegiatan apel komandan satuan yang di gelar di kawasan titik nol IKN Nusantara siang tadi, Rabu (18/5/2022).

1. Amankan semua tindakan ilegal di wilayah IKN

Resmikan Apel Dansat, Panglima Ingatkan Tugas Kawal IKN dan PemiluTemuan tambang ilegal di kawasan Tahura Km 48, Samboja, Kukar, Kalimantan Timur (IDN Times/Riani Rahayu)

Sementara itu pembentukan Mabesad ini akan dilakukan secara bertahap. Sembari mengawasi pembangunan IKN Nusantara. Agar ekspansi pusat negara tetap berjalan lancar, Kodam VI/Mulawarman pun membangun posko AJU untuk mengamankan logistik pembangunan ibu kota negara.

"Jadi posko itu sebagai komitmen dari Kodam VI/Mulawarman untuk mengamankan pembangunan IKN ini. Kami juga pastinya berkoordinasi dengan Polda Kaltim," terangnya.

Saat ditanya masih banyaknya gangguan di wilayah IKN seperti tambang ilegal, Teguh mengatakan, pihaknya bersama Polda Kaltim juga telah membentuk tim besar untuk mengantisipasi segala tindakan ilegal, termasuk tambang.

"Pengungkapan tambang di Taman Hutan Raya (Tahura) di Km 48 menjadi komitmen kami menghapuskan segala tindakan ilegal," imbuhnya.

Baca Juga: Persiapan Haji, Pemprov Kaltim Lantik Petugas Embarkasi Balikpapan

2. Jumlah pelanggaran di Kodam VI/Mlw

Resmikan Apel Dansat, Panglima Ingatkan Tugas Kawal IKN dan PemiluPangdam VI Mulawarman saat menjelaskan evaluasi kerja dansat Kodam VI Mulawarman (IDN Times/Riani Rahayu)

Sebagai informasi, Kodam VI/Mulawarman melaksanakan kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) yang bertempat di Titik Nol IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar untuk mengevaluasi kinerja para Dansat dan penyatuan visi dan misi dengan pimpinan Kodam VI/Mulawarman.

Dalam penyampaiannya, Teguh menyoroti masalah pelanggaran di lingkup Kodam VI/Mulawarman yang masih cukup tinggi. Di mana terdapat 71 kasus pelanggaran yang melibatkan 82 personel. 

"Kerugian personel yang cukup signifikan sebanyak 55 personel yang terdiri dari 7 orang perwira, 25 orang bintara, 10 orang tamtama dan 13 orang PNS, yang disebabkan oleh kondisi kesehatan dan laka lantas," jelasnya. 

Namun di balik itu, TNI AD rupanya kembali membuka perekrutan komponen cadangan sebanyak 500 orang. Dan peminatnya cukup banyak, mencapai 1.600 orang. Dari jumlah tersebut nantinya akan dipilih 500 orang yang akan menjalani pendidikan dasar militer di Rindam VI/Mulawarman.

3. Persiapan Dansat kawal pemilu 2024

Resmikan Apel Dansat, Panglima Ingatkan Tugas Kawal IKN dan PemiluPara Dansat yang melaksanakan Apel evaluasi kinerja (IDN Times/Riani Rahayu)

Teguh juga mengingatkan, tantangan lainnya dalam tugas Dansat yang bertugas di bawah Kodam VI/Mulawarman. Pelaksanaan penahapan Pemilu 2024 menjadi tantangan tersendiri, mengingat pada bulan Agustus sudah dimulai pendaftaran parpol, penetapan parpol, KPU juga akan menentukan panitia pemilihan dan panitia pemungutan suara.

Kemudian penyusunan usulan Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Tingkat II, Dapil untuk Provinsi dan DPR RI. Penahapan pemilu ini harus terus dipantau agar berjalan lancar.

Baca Juga: Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pra KTT Y20, Angkat Tema Lingkungan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya