Comscore Tracker

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu dari Malaysia

Jelang purna tugas satgas pamtas Yonarmed 18/Komposit

Balikpapan, IDN Times - Jajaran Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 18/Komposit dari Pos Aji Kuning berhasil ungkap penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 1 kilogram pada, Jumat (5/8/2022).

Sabu tersebut diketahui diselundupkan dari Tawau, Malaysia. Rencananya barang haram tersebut hendak dibawa menuju Desa Aji Kuning Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

1. TNI periksa semua kapal dari Malaysia

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu dari MalaysiaIlustrasi (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif menjelaskan, pengungkapan penyeludupan sabu itu berawal dari Pasi Intel Satgas Pamtas Yonarmed 18/Komposit Lettu Arm Mochammad Rizky Kurnia yang mendapatkan informasi dari Kanit Opsnal Satreskoba Polres Nunukan Ipda Disco Barasa tentang adanya pergerakan WNI dari Tawau menuju Aji Kuning Sebatik yang diduga membawa narkotika.

Setelahnya, anggota dari Yonarmed 18 langsung menuju pelabuhan dan melakukan pemeriksaan setiap kapal yang datang dari negeri jiran.

“Setelah diadakan pemeriksaan oleh anggota pos jaga, berhasil ditemukan barang bukti sekaligus tersangka inisial DS, “ ujarnya.

Baca Juga: TNI AL Tangkap 6 Orang Intel Asing di Kaltara, Diserahkan ke Imigrasi

2. Pelintas batas tunjukkan gerak mencurigakan

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu dari MalaysiaIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Taufik juga menjelaskan, bahwa anggota jaga pengendalian penduduk (Dalduk) melaksanakan pemeriksaan terhadap seorang pelintas batas yang membawa barang bawaan berupa tas ransel berwarna hitam.

Pelintas batas itu ketahuan setelah nampak dari gerak-geriknya yang gugup. Curiga, TNI pun langsung memeriksa tas tersangka. 

"Selanjutnya anggota jaga Dalduk menemukan tiga bungkus kemasan susu kedelai soya berukuran sedang dengan kemasan tidak rapi di dalam tas," tambahnya.

3. Jadi prestasi sebelum purna tugas

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu dari MalaysiaTNI berhasil gagalkan penyelundupan sabu seberat 1 kilogram di perbatasan (dok. Istimewa)

Dirincikan, barang bukti yang diamankan  berupa 21 bungkus plastik ukuran sedang yang berisi sabu seberat total 1.000 Gram atau 1 kilogram, dua buah ponsel merek Vivo dan Samsung, satu buah paspor,  satu lembar KTP atas nama tersangka DS, satu buah dompet warna cokelat, dan tiga kotak susu kacang soya sebagai pembungkus sabu.

Juga satu buah tas gendong warna hitam dan uang tunai senilai Rp 400.000.

“Untuk proses hukum, tersangka dan barang bukti selanjutnya di bawa Makotis yang selanjutnya diserahkan kepada Satreskoba Polres Nunukan,” ungkap Taufik. 

Sementara itu, Kapendam menyebut jika penangkapan sabu dari Malaysia ini menjadi prestasi luar biasa yang mereka berikan kepada negara dan TNI menjelang purnatugas. 

Adapun personel yang terlibat dalam pengungkapan peredaran narkoba tersebut adalah Kapten Arm Badrul Alam, Lettu Arm Mochammad Rizky Kurnia, Kopda Palma Putra, Kopda Windi Kriswanto, Praka Wahyudi Setyawan, dan Pratu Edi Purnomo.

Baca Juga: Polres Berau Tangkap Bandar Sabu, Sempat Berusaha Kabur ke Kaltara

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya