'Sport and Culture Day' Suguhkan Keunikan Indonesia pada US Army

Transaksi UMKM pakai uang dolar

Balikpapan, IDN Times - Mendekati hari penutupan pelatihan bersama (Latma) Super Garuda Shield 202, antara TNI dengan negara tetangga US Army, Kodam VI Mulawarman pun menggelar Sport and Culture Day pada, Sabtu (13/8/2022).

Sebagai tuan rumah, Kodam VI Mulawarman memperkenalkan olahraga, permainan, hingga tarian dan makanan khas daerah di Indonesia kepada pasukan US Army. 

Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal Tri Budi Utomo, mengatakan, pengenalan budaya Indonesia ini diharapkan bisa menambah pengetahuan negara tetangga tentang kultur NKRI. 

"Dan juga semakin menambah erat jalinan silaturahmi antara para peserta Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield ini," tuturnya.

1. Gelar perlombaan permainan Indonesia

'Sport and Culture Day' Suguhkan Keunikan Indonesia pada US ArmyPangdam VI Mulawarman saat memimoin mulainya tarik tambang (IDN Times/Riani Rahayu)

Kegiatan Sport dan Culture Day ini dilaksanakan di Pantai Lamaru, Balikpapan Timur, Kaltim. Nampak seluruh peserta latma Garuda Shield menikmati kebersamaan mereka memperebutkan gelar pemenang dalam lomba permainan dari Indonesia. 

Permainan yang dilakukan pun beragam. Mulai dari lompat karung, tarik tambang, dan ular naga. Untuk menambah semangat para peserta, Pangdam IV Mulawarman Tri Budi Utomo yang memimpin langsung mulainya tarik tambang dan memberi semangat para pasukan dari dekat. 

"Jadi memang kegiatan ini kami buat suasana untuk lebih mengakrabkan antara dua negara, dan kegiatan ini kami buat agar mereka rileks setelah tiga minggu latihan," terangnya.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata Susur Teluk Balikpapan dengan Kapal Pinisi

2. Datangi beberapa lokasi wisata di Balikpapan

'Sport and Culture Day' Suguhkan Keunikan Indonesia pada US ArmyPersonel US Army saat sedang bersantai menikmati suasana Pantai Lamaru, Balikpapan Timur (IDN Times/Riani Rahayu)

Untuk sesi kultur, Kodam menyuguhkan beberapa tarian dari Dayak, Jawa, Bali, dan beberapa tari daerah lainnya. Para tentara US Army juga diajak untuk menari bersama. 

Agenda Sport and Culture Day ini juga akan dilanjutkan ke beberapa lokasi wisata ikonik di Balikpapan. "Mereka juga akan ke wisata beruang madu dan penangkaran buaya," ucapnya. 

3. Berbelanja produk UMKM

'Sport and Culture Day' Suguhkan Keunikan Indonesia pada US ArmyAnggota US Army membeli produk UMKM (IDN Times/Riani Rahayu)

Sembari menikmati suasana pantai, Kodam juga menghadirkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari semua Kodim yang ada di Kaltim. Di mana para pelaku UMKM Kodim ini menunjukkan banyak produk pakaian, aksesori, dan olahan khas Kaltim seperti amplang dan sarang semut. 

Rupanya minat para anggota US army terhadap produk tradisional Kaltim begitu tinggi. Bahkan mereka dengan percaya diri memakainya berkeliling pantai. Mereka juga bertransaksi tetap menggunakan uang asal negaranya. 

Baca Juga: BMKG Balikpapan Deteksi 31 Titik Panas di Kalimantan Timur

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya