Comscore Tracker

Strategi Operator Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang Menyambut Nataru

Ini jumlah armada dan perkiraan keberangkatan kapal

Balikpapan, IDN Times - Rute penyeberangan jalur laut kini dibuat sibuk mendekati libur sekolah, Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Kapal-kapal kini mulai sibuk lalu-lalang mengangkut penumpang dari Balikpapan ke luar daerah, begitu pun sebaliknya.

Adanya perayaan tahunan ini pun membuat operator perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) bergerak cepat mempersiapkan kapal-kapal dan jadwal keberangkatan.

Kepada IDN Times, Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Balikpapan Muhammad Saleh mengatakan, menyambut Nataru ini pihaknya menyediakan tiga lini armada.

"Ada tiga kapal kami siapkan, dua kapal tujuan Surabaya dan satu tujuan Pare-Pare," ujarnya, saat ditemui di kantornya di Jalan Soekarno-Hatta Km 0,5 Muara Rapak, Balikpapan Utara pada, Jumat (9/12/2022). 

1. Frekuensi lintasan kapal ditambah

Strategi Operator Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang Menyambut NataruIlustrasi (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Penyediaan jumlah kapal tersebut tentunya telah melalui tahap pemetaan serta rujukan waktu libur panjang yang diperkirakan sampai tanggal 8 Januari 2023 nanti. Dengan begitu pihaknya, sebut Saleh, telah menambah trayek atau lintasan kapal.

Yang semula dua kali seminggu, kini menjadi tiga kali seminggu.

"Kebetulan lintasannya hanya itu saja, jadi frekuensinya kami tambah. Juga antisipasi kalau-kalau nanti terjadi lonjakan, mengingat kemarin ada lonjakan tetapi tidak signifikan karena adanya pandemik," terangnya.

Cukup mudah mengingat jadwal keberangkatan dari kapal milik DLU. Sebab setiap tanggal ganjil, atau empat hari sekali, kapal ini akan sandar di Pelabuhan Semayang.

Untuk saat ini tingkat keterisian kapal dari DLU masih sekitar 75 persen. Jika nanti keterisian kapal mendekati 90 persen, pihaknya akan melakukan pemetaan kembali dan akan menggunakan armada cadangan yang mampu mencakup muatan lebih banyak.

Baca Juga: Pemuda Balikpapan Nekat Mencuri Motor Warga di Waru PPU

2. Sudah rasakan lonjakan penumpang sebesar 30 persen

Strategi Operator Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang Menyambut NataruIlustrasi. Kemenhub bersama PT PELNI (Persero) mengadakan mudik motor gratis tahun ini. (Dok. PELNI)

Hal yang sama juga turut disampaikan oleh Kepala Cabang PT Pelni Kota Balikapapan Anwar Sanusi, yang dikonfirmasi terpisah. Anwar menyebut, jika Pelni juga memaksimalkan tiga armadanya bergerak sepanjang libur Nataru ini.

Salah satu armada milik Pelni, yakni KM Bukit Siguntang saja bahkan sudah merasakan lonjakan penumpang.

"Kalau tadi dilihat keterisiannya sebesar 30 persen. Tapi nanti pasti puncaknya di tanggal 18 Desember itu, ya sebelum perayaan Natal," jelasnya.

Dari tiga kapal tersebut, rata-rata kapasitasnya bisa mencapai 2 ribu penumpang. Di mana rute yang dilalui menuju ke bagian Nusa Tenggara-Tarakan-Balikpapan, dan sebaliknya.

3. Berharap ada tambahan armada mengingat IKN

Strategi Operator Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang Menyambut NataruKapal Perintis PT PELNI (dok. PELNI)

Sementara itu mengantisipasi kelonjakan penumpang, maka Pelni menyusun strategi dengan mengurangi jumlah penjemputan penumpang Balikpapan di salah satu armada dan memfokuskan penumpang di rute bagian timur.

Untuk jadwalnya, kapal-kapal tersebut akan berlayar setiap tiga hari secara bergantian, dan sudah dimulai sejak November 2022 kemarin.

"Nanti di tanggal 9 ada kapal masuk, tapi kalau untuk menambah kapal belum ada, sebab sudah dari 2002 memang kapal dari Pelni Balikpapan hanya tiga ini saja, belum ada penambahan. Meski sudah diajukan sebelumnya," kata dia.

Menanggapi soal penambahan kapal ini, Anwar mengembalikan semua keputusan kepada Pemerintah. Ia berharap Pemerintah dapat menambah kapal, mengingat saat ini aktivitas juga meningkat selama adanya penetapan IKN. 

Baca Juga: Wamentan Tinjau Aplikasi Si Etam di Karantina Pertanian Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya