100 Warga Ikuti Program Pelatihan untuk Pembangunan IKN Nusantara

Mereka diajari cara pemasangan batu bata hingga plester

Penajam, IDN Times -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sebagai calon pekerja atau tenaga kerja proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Mereka dibekali dengan pelatihan konstruksi.

"Kami diberi pelatihan konstruksi selama 12 hari, pelatihan juga langsung praktik", ujar seorang peserta pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Nusantara, Mandairese warga Desa Telemow, Kecamatan Sepaku seperti dilansir dari ANTARA pada Sabtu (8/10/2022).
 

1. Diikuti 100 orang

100 Warga Ikuti Program Pelatihan untuk Pembangunan IKN Nusantarafacebook.com/Komite Humor Online

Pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Indonesia baru yang dilaksanakan selama 12 hari di SMK Negeri 1 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara diikuti 100 peserta.

Pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Nusantara yang diikuti 100 warga Kecamatan Sepaku tersebut merupakan pelatihan kedua yang diselenggarakan Kementerian PUPR.

Sedangkan pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Indonesia baru yang pertama dilaksanakan pada pertengahan Agustus sampai awal September 2022 diikuti 200 peserta yang juga warga Kecamatan Sepaku.

Baca Juga: PDIP Kaltim Tunggu SK Rekomendasi Risti Utami Jadi Wawali Balikpapan 

2. Dibekali keterampilan konstruksi

100 Warga Ikuti Program Pelatihan untuk Pembangunan IKN NusantaraANTARA FOTO/Arnas Padda

Para peserta pelatihan belajar sejumlah keterampilan pekerjaan konstruksi yakni, pemasangan batu bata, pengecatan, pembesian, plasteran dinding, dan pemasangan atap baja ringan.

Setelah mendapatkan pelatihan tersebut para peserta mendapat sertifikat atas keterampilan dan keahlian masing-masing.

"Kami berharap dengan diberikan pelatihan dan dapat sertifikat, dapat diterima bekerja dalam pembangunan IKN," ucap peserta pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Nusantara lainnya, Cuding warga Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku.

3. Siapkan tenaga kerja lokal

100 Warga Ikuti Program Pelatihan untuk Pembangunan IKN NusantaraIDN Times/Galih Persiana

Kegiatan pelatihan calon tenaga kerja konstruksi proyek pembangunan IKN Indonesia baru tersebut untuk menyiapkan tenaga kerja lokal agar bisa memanfaatkan kesempatan pembangunan IKN secara maksimal.

IKN Nusantara dibangun di kawasan perbukitan yang sekarang ini masih ditanami pohon-pohon akasia dan eukaliptus oleh PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

IKN dirancang sebagai kota modern yang ramah lingkungan dengan banyak hutan hujan tropis di antara blok-blok bangunan dan transportasi dengan kendaraan bertenaga listrik.

Baca Juga: Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga Arung

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya