Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltim

Ada 56 Sinode di Kalimantan Timur

Samarinda, IDN Times - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan jumlah Sinode atau Badan Pengurus Tertinggi Gereja di Kaltim terbanyak di Indonesia yakni berjumlah 56 Sinode. Isran Noor sangat mengapresiasi jumlah Sinode di Kaltim sangat luar biasa, jauh lebih banyak dari yang ada di provinsi lain di Indonesia.

"Jumlah sinode di Indonesia adalah 96 Sinode, dan 56 sinode tersebut berada di Kaltim," kata Isran Noor seperti dikutip dari ANTARA pada Kamis (16/3/2023).

1. Toleransi tinggi

Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltimgoogle

Kondisi ini menandakan keberagaman dan toleransi beragama di Kaltim sangat tinggi. Sebab, dari 96 Sinode se-Indonesia, ada 56 di Provinsi Kaltim.

“Itu sangat luar biasa. Di Indonesia, Kaltim paling banyak Sinodenya. Wajar, jika ibu kota negara ada di Kaltim. Itu tidak lain, juga berkat doa para warga Sinode,” ucap Gubernur Isran Noor.

Bagi Isran, keberagaman ini diharapkan bisa berdampak pada situasi kondusif daerah, sehingga kehidupan warga Kaltim tak terkecuali umat
Kristiani maupun Katolik terpelihara dengan baik.

Baca Juga: Ganti Rugi Jalan Ring Road di Samarinda Belum Ada Kejelasan

2. Penduduk yang heterogen

Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltimsiap-adpim.kalbarprov.go.id

Apalagi, sambung Ketua Umum APPS ini, di Kaltim adalah wilayah yang sangat heterogen penduduknya. Yaitu, berbagai suku, budaya dan agama ada.

Meski demikian, kata Isran, masyarakat paling banyak yakni suku Jawa dengan populasi kurang lebih 35 persen jumlah penduduk Kaltim.

“Jadi, semua itu adalah keindahan. Semoga Sinode di Kaltim dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah,” pesannya.

3. Saling menjaga dan rukun

Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di KaltimPixabay.com/billyhalim

Gubernur juga mengajak seluruh umat beragama untuk saling menjaga dan jangan merasa benar sendiri. Karena, saat ini keharmonisan, kedamaian dan sosial masyarakat di Kaltim paling tinggi di Indonesia.

"Untuk itu, wajib dipelihara dan dijaga dengan baik," jelas Isran Noor.

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Perempuan Peracik Pil Ekstasi di Samarinda

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya