Terowongan Jalan yang Dibangun di Samarinda Memiliki Panjang 690 Meter

Dibangun dari jalan Sultan Alimuddin menuju jalan Kakap

Samarinda, IDN Times - Pembangunan infrastruktur di Kalimantan Timur terus digenjot, selain di kawasan Ibu Kota Negara (IKN), pembangunan juga dilakukan di ibu kota provinsi. Proyek pembangunan terowongan Samarinda yang menghubungkan antara jalan Sultan Alimuddin menuju jalan Kakap Kelurahan Selili Kecamatan Samarinda Ilir, resmi dimulai. Pembangunan ditandai peletakan batu pertama oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun di jalan Sultan Alimuddin, Jumat (20/1/2023). 

"Saat ini kami sudah melaksanakan peletakan batu pertama sebagai tahap awal membangun terowongan Samarinda, yang notabene ini berguna untuk mengurai kemacetan di jalan Otto Iskandar Dinata, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir," kata Andi Harun seperti dilansir dari ANTARA pada Sabtu (21/1/2023).

1. Panjangnya 690 meter

Terowongan Jalan yang Dibangun di Samarinda Memiliki Panjang 690 Meterilustrasi terowongan (pixabay.com/L0nd0ner)

Andi Harun menerangkan, terowongan tersebut sekaligus koridor menghubungkan dari jembatan Achmad Amins (Mahkota) dari Kecamatan Palaran atau jalan tol Balikpapan-Samarinda masuk menuju pusat Kota Samarinda.
 
Lanjutnya, total panjang pekerjaan terowongan (tunnel) dari pintu masuk sampai keluar adalah  sepanjang 690 meter berdimensi lebar dan tinggi masing-masing 15 meter, dengan masa kontrak kerja antara 18 sampai 22 bulan pengerjaan, bernilai Rp395.792.799.000.
 
"Semoga proyek ini dikerjakan sesuai target yang kita patok, dan ini bermanfaat secara ekonomi bagi warga Samarinda, terutama masyarakat pengendara yang sering mengalami kemacetan di jalan Otto Iskandar Dinata," katanya.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Kembangkan Batik Lokal untuk Seragam Pegawai

2. Siapkan dana pergantian lahan

Terowongan Jalan yang Dibangun di Samarinda Memiliki Panjang 690 Meterilustrasi transaksi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Dikemukakannya bahwa permasalahan sosial terkait pembebasan lahan juga tidak menjadi kendala berarti. Pihak Pemerintah Kota Samarinda sudah menyiapkan dana pergantian dan saat ini sedang dalam proses penilaian harga oleh tim appraisal.
 
"Permasalahan sosial tidak menjadi penghalang dalam pembangunan, sebab ini untuk kepentingan seluruh masyarakat Samarinda," ujar Andi Harun. 

3. Tak banyak persoalan sosial

Terowongan Jalan yang Dibangun di Samarinda Memiliki Panjang 690 MeterIlustrasi Terowongan (Bacetarus.com)

Menurutnya, selama ini tidak begitu banyak persoalan sosial terkait ganti rugi dalam pembebasan lahan karena masyarakat juga mendukung, apalagi ini untuk mengurai kemacetan di daerah tersebut.
 
"Mudah-mudahan permasalahan ganti rugi lahan cepat selesai sehingga bisa dimanfaatkan segera oleh masyarakat," harapnya.
 
Sementara kegiatan ground breaking atau peletakan batu pertama proyek terowongan Samarinda di hadiri sejumlah pejabat Samarinda diantaranya Wakil Wali Kota Samarinda, Kapolresta Samarinda, Dandim Samarinda, dan jajaran pejabat lingkup Kota Samarinda.

Baca Juga: Polresta Samarinda Bekuk Delapan Pelaku Curanmor 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya