Comscore Tracker

Macam-Macam Museum Berada di Kalimantan Timur 

Lokasinya tersebar di kota/kabupaten di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Museum merupakan bangunan untuk menyimpan benda-benda atau koleksi bersejarah yang dianggap penting untuk dilestarikan. Selain sebagai penyimpanan benda-benda dan koleksi foto peristiwa bersejarah, museum juga dapat menjadi tepat menarik sebagai destinasi tujuan wisata.

Tidak kalah dengan kegiatan menjelajah alam, melalui kegiatan kunjungan ke museum dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi kalangan generasi muda. Berikut beberapa museum yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim).

1. Museum Kayu Tuah Himba

Macam-Macam Museum Berada di Kalimantan Timur Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Museum Kayu Tuah Himba terletak di kawasan Waduk Panji Suarame Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim. Museum ini dibangun dengan bentuk bangunan kayu panggung dengan ukuran 20 x 20 meter persegi. 

Museum ini banyak menyimpan koleksi benda atau barang-barang unik dan menarik, seperti perkakas kuno dari kayu berdiameter besar dengan sebutan perkakas raksasa, flora dan fauna, serta beberapa hewan seperti reptil.

Bahkan di Museum Kayu Tuah Himba wisatawan dapat menjumpai jenis-jenis kayu yang tumbuh besar di Pulau Borneo.

2. Museum Keraton Sadurengas

Museum ini berlokasi di jalan Keraton Paser Belengkong, Kecamatan Paser, Belengkong Kabupaten Paser Kaltim. Museum ini dibangun pada tahun 1844 hingga tahun 1873 di tanah dengan luas lahan sekitar 1 hektare bekas rumah salah satu Sultan Paser yang bernama Aji Tenggara.

Pada abad 19, bangunan ini menjadi istana kesultanan milik Sultan Ibrahim Khaliludin dengan sebutan “kuta imam duyu kina lenja” yang bermakna rumah kediaman pemimpin yang bertingkat.

Di museum ini para wisatawan dapat menemukan makam para raja dari Kerajaan Sadurengas dan beberapa peninggalan barang kuno seperti tempayan, guci kuno, alat rumah tangga, peralatan kesenian, dan pakaian Kesultanan Paser.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik tentang Tenggarong di Kutai Kartanegara

3. Museum Mulawarman

Macam-Macam Museum Berada di Kalimantan Timur Museum Mulawarman di Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Museum Mulawarman adalah museum yang berlokasi di Kota Tenggarong Kutai Kartanegara Kaltim. Museum Mulawarman merupakan bangunan bekas istana Kesultanan Kutai Kartenegara yang diresmikan sebagai museum sejak tanggal 25 November 1971 oleh Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie.

Di dalam bangunan Museum Mulawarman terdapat benda-benda bersejarah milik Kesultanan Kutai Kartenegara seperti singgasana, keris,  tempat peraduan, pakaian kebesaran, tombak, kalung, meriam dan masih banyak lagi.

4. Museum Kodam Mulawarman

Museum Kodam Mulawarman merupakan sebuah kawasan konservasi milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Museum ini menyediakan informasi seputar sejarah Kota Kalimantan seperti peralatan perang, foto Kota Balikpapan tempo dulu, dan beberapa barang berharga di bidang kemiliteran pasca perang.

Museum Kodam Mulawarman dibangun pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 16 September 2008 dengan nama awal museum ini yaitu Museum Tanjungpura. Museum ini dilengkapi dengan enam ruang utama yang masing-masing ruang terdapat benda-benda, foto bersejarah dan beberapa koleksi lainnya.

5. Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Planetarium Jagad Raya Tenggarong adalah salah satu planetarium yang dapat dikategorikan sebagai museum teknologi yang ada di Kota Tenggarong, Kutai Kartenegara Kaltim. Planetarium ini diresmikan pada tahun 2000 dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 150 tempat.

Tempat ini merupakan sarana wisata pendidikan untuk mempelajari alam semesta seperti bintang-bintang, planet dan objek luar angkasa lainnya. Planetarium Jagad Raya Tenggarong juga menyediakan teater bintang dengan memproyeksikan matahari, bintang, bulan, komet, meteor, rasi, dan beberapa galaksi luar angkasa.

6. Museum Dahor Heritage Balikpapan

Macam-Macam Museum Berada di Kalimantan Timur DPRD Kalimantan Tengah kunjungi Rumah Dahor Pertamina di Balikpapan. Foto Pertamina

Museum ini adalah bangunan rumah pekerja kilang pada zaman Belanda yang dikenal dengan sebutan Museum Dahor Heritage Balikpapan. Rumah Dahor merupakan rumah pekerja minyak pada zaman Bataafsche Petroleum Matschappij pada tahun 1920.

Lokasinya berada di kawasan Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat Kaltim.  

Baca Juga: Berkunjung ke Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya