Arus Balik di Kaltim Terpantau Lancar, H+4 Pasca Lebaran

Pantauan arus mudik lebaran di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Berdasarkan laporan pengawasan mudik Lebaran Tahun 2022 /Hari Raya Idulfitri 1443 H di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis, 5 Mei 2022, tepatnya pada H+4 terjadi kemacetan panjang di Jalan Mulawarman Balikpapan. Di mana arus lalu lintas dipadati kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4).

Sementara untuk situasi lalu lintas di daerah lainnya di Benua Etam masih dalam keadaan aman dan lancar.

“Ini disebabkan banyaknya orang yang akan liburan ke Pantai Manggar dan Pantai Lamaru. Kemacetan panjang terjadi karena arus lalu lintas dari jalan tol yang keluar pintu Tol Manggar bertabrakan dengan arus lalu lintas dari arah Manggar menuju kota Balikpapan atau terjadi bottle neck, sehingga terjadi penumpukan kendaraan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring dalam Instagram Pemprov Kaltim.

1. Rekayasa arus transportasi jalan

Personel polisi, kata Sembiring berupaya mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus lalu lintas dari kota Balikpapan dimasukkan ke jalan tol sepanjang 1 kilometer kemudian putar balik kembali ke arah pintu keluar, sehingga kendaraan tidak terjadi crossing. 

Sementara untuk wilayah Samarinda, lanjut Sembiring, kondisi arus lalu lintas untuk secara umum terpantau padat, ramai dan lancar. Kendaraan didominasi oleh sepeda motor dan kendaraan pribadi dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam.

Untuk produksi jumlah penumpang total dari H-7 (25 April 2022) sampai dengan H+4 (05 Mei 2022) di terminal tipe B sebagai berikut, Terminal Sungai Kunjang (antar kota antar provinsi/AKAP), penumpang datang sebanyak 1.794 orang, penumpang berangkat sebanyak 2.018 orang. Terminal Sungai Kunjang (antar kota dalam provinsi/AKDP), datang (685 orang), berangkat (1.032 orang). Terminal Lempake, datang (715 orang), berangkat (1.276 orang). Terminal Sangata, datang (501 orang), berangkat (492 orang).

Selanjutnya, Terminal Rinding Berau, datang (157 orang), berangkat (392 orang). Terminal Bontang, datang (759 orang), berangkat (1.251 orang). Terminal Paser, datang (174 orang), berangkat (474 orang). Terminal Timbau Tenggarong, datang (133 orang), berangkat (352 orang).

Baca Juga: Korban Terakhir, Ruko Terbakar di Samarinda Meninggal Dunia 

2. Pelayanan arus transportasi laut

Arus Balik di Kaltim Terpantau Lancar, H+4 Pasca LebaranSejumlah calon penumpang duduk di kabin penumpang Kapal Motor (KM) Doro Londa tujuan Makassar dan Bitung sebelum berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (23/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Untuk Bidang Pelayaran (Angkutan Laut dan ASDP) ada dua kapal yang diberangkatkan dari Dermaga Sungai Kunjang Samarinda, yakni KM Barokah 06 tujuan Samarinda - Melak, Kutai Barat, mengangkut penumpang 129 orang, barang (sembako) 20 ton dan 12 unit sepeda motor.

Kemudian KM Noor Fitri Indah tujuan Samarinda - Long Bagun, Mahakam Ulu, penumpang (79 orang) dan barang (sembako) 10 ton. Untuk kedatangan dijadwalkan dua kapal dari Hulu Mahakam, yaitu KM Noor Annisa tujuan Melak - Samarinda, mengangkut penumpang 142 orang dan 14 unit sepeda motor. Serta, KM Akbar Amanda AA.1 tujuan Long Bagun - Samarinda, mengangkut penumpang 148 orang dan 5 unit sepeda motor.

“Untuk situasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan terpantau cukup ramai lancar karena ada jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal. Dijadwalkan KM Lambelu datang pukul 08.15 Wita dari Pare-Pare dan lanjut menaikkan penumpang dengan tujuan Pantoloan dan Tarakan,” jelasnya.

3. Pelayanan transportasi udara

Arus Balik di Kaltim Terpantau Lancar, H+4 Pasca LebaranIlustrasi warga negara asing menjadi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sedangkan untuk Bidang Udara, pada Bandara APT Pranoto Samarinda total jumlah penumpang dari H-7 hingga H+4, berangkat sebanyak 14.706 orang dan datang sebanyak 8.204 orang. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, penumpang berangkat (75.904 orang), datang (43.187 orang). Bandara Kalimarau Berau penumpang berangkat (4.483 orang) dan datang (2.645 orang)

“Semoga arus balik lebaran ini lancar dan para pemudik tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan berlalu lintas, terutama untuk jalur darat sehingga tidak ada kejadian atau kecelakaan dalam berlalu lintas, tentunya agar para pemudik bisa kembali dengan selamat baik ke Kaltim maupun yang ke luar Kaltim,” pungkas Sembiring. 

Baca Juga: Jokowi Buka Musrenbangnas, Kaltim Meminta Jalan Tol Samarinda-Bontang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya