Balangan akan Perbaiki Jalan Desa yang 15 Tahun Kondisinya Rusak

Perbaikan jalan dilakukan secepatnya

Balangan, IDN Times - Dinas PUPRP Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memperbaiki jalan di Desa Panaitan RT.06, Kecamatan Lampihong yang sudah kurang lebih 15 tahun belakangan mengalami kerusakan.

“Insya Allah nanti pada APBD murni 2025 kami anggarkan, tetapi kalau bisa tahun depan akan kami usahakan tahun depan,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Balangan Rina Ariyani saat dikonfirmasi dilaporkan Antara di Paringin, Jum’at (2/6/2023).

1. Sudah diusulkan lewat dana alokasi khusus

Balangan akan Perbaiki Jalan Desa yang 15 Tahun Kondisinya RusakIlustrasi ondisi keruskaan jalan salah satu desa di Kecamatan Babulu, serta foto anak sekolah dan ibunya korban jalan rusak ini (IDN Times/Ervan)

Rina Ariyani menuturkan untuk ruas jalan tersebut sebelumnya sudah pernah pihaknya usulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu pada tahun 2020-2022, namun tidak pernah tembus.

Rina menambahkan pemerintah daerah akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Balangan, terlebih pelayanan dalam hal akses jalan bagi warga setempat.

Baca Juga: Kerja Sama Paser dan Balangan dalam Efisiensi dan Pelayanan Publik

2. Jalan 15 tahun sudah dilaporkan rusak

Balangan akan Perbaiki Jalan Desa yang 15 Tahun Kondisinya RusakIlustrasi jalan rusak IDN Times/Patiar Manurung

Sementara salah satu warga setempat Hasbi mengungkapkan bahwa jalan di desanya yang memiliki panjang kurang lebih lima kilo meter dan panjang empat meter tersebut sudah 15 tahun belakangan rusak, tidak pernah dilakukan pengaspalan oleh pemerintah daerah.

Hasbi menuturkan akses untuk pergi ke kebun juga menjadi terhambat karena jalan yang rusak tersebut, dan kebanyakan warga yang memiliki kebun di wilayahnya terpaksa harus memutar dengan jarak dua kali lebih jauh karena sulitnya jalan untuk dilewati.

“Sebagian juga ada warga yang memilih akses jalan ini untuk pergi ke kebun namun harus menghadapi risiko yang tinggi, yaitu sampai terjatuh akibat jalan yang rusak,” ungkap Hasbi.

3. Jalan akan becek dan licin saat datang hujan

Balangan akan Perbaiki Jalan Desa yang 15 Tahun Kondisinya RusakIlustrasi jalan rusak.(IDN Times/Patiar Manurung)

Hasbi melanjutkan, kalau musim panas sekarang ini jalan agak kering dan beceknya kurang, kalau sekali saja terjadi hujan maka langsung menjadi bak kubangan kerbau.

“Kami sendiri sudah terbiasa dengan jalan ini karena cuman jalan ini akses terdekat menuju pekerjaan, dan berharap kepada pemda agar dapat diperhatikan karena kami juga ingin merasakan jalan bagus seperti desa tetangga,” tuturnya.

Diketahui jalan tersebut juga menyambungkan dua desa, yaitu antara Desa Panaitan dan Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

Baca Juga: Kondisi Jembatan Lampihong di Balangan Makin Memprihatinkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya