Bangunan Tua, Toko Dua Lantai di Banjarmasin Mendadak Runtuh

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini

Banjarmasin, IDN Times - Bangunan tua Toko Haji Ali di Pasar Lima Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mendadak runtuh tanpa diketahui penyebabnya, Selasa (27/9/2022) pukul 14.05 Wita.

Runtuhnya toko bangunan dua lantai  ini sontak mengagetkan warga yang sedang beraktifitas di kawasan pasar Banjarmasin.

"Ini bangunan tua, kalau tidak salah ada empat orang di dalam, dua tukang dan penjaga toko. Tapi tadi selamat orangnya, syukur," kata seorang saksi yang enggan menyebutkan nama kepada IDN Times di lokasi kejadian. 

Saat ini, masyarakat Banjarmasin masih berkumpul di sekitar lokasi bencana runtuhnya Toko Haji Ali. Tidak berselang lama, personel SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin datang untuk melakukan proses evakuasi. 

1. Bangunan runtuh mendadak

Bangunan Tua, Toko Dua Lantai di Banjarmasin Mendadak RuntuhBangunan Toko Haji Ali di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) runtuh, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Hamdani)

Sementara itu, Suriani (58) seorang pekerja bangunan renovasi toko ini mengaku kaget runtuhnya tembok toko. Ia menyebutkan, saat itu, tiba-tiba saja dinding roboh dan menghempas ke lantai dua dan jatuh ke lantai dasar. 

"Sebelum roboh, saya bersama kakak saya sedang mengerjakan kerjaan saya, mendengar suara 'krek' langsung bergegas pergi ke belakang dan terjadilah runtuh," katanya. 

Ia memperoleh pertolongan saat keluar dari puing-puing bangunan toko.

Baca Juga: Video Mesum Pasangan Sesama Jenis di Banjarmasin, Polisi Turun Tangan

2. Tidak ada korban jiwa dari bencana ini

Bangunan Tua, Toko Dua Lantai di Banjarmasin Mendadak RuntuhPinterest

Petugas BPBD Kota Banjarmasin Jailani memastikan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Pihak SAR dan BPBD Banjarmasin, menurutnya, sudah memastikan tidak ada korban tertimbun dalam lokasi reruntuhan ini. Karena di dalam toko dipastikan sudah keluar dari kepungan reruntuhan material. 

3. Memastikan penyebab runtuhnya bangunan

Bangunan Tua, Toko Dua Lantai di Banjarmasin Mendadak RuntuhBangunan Toko Haji Ali di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) runtuh, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Hamdani)

Setelah ini, pihaknya memastikan penyebab runtuhnya bangunan itu. Apakah karena faktor usia bangunan atau murni kelalaian pemilik toko atau juga ada faktor lainnya.

"Insiden ini tidak ada korban jiwa, penyebab runtuhnya masih kami telusuri apakah karena bangunan sudah tua atau kelalaian," tutupnya.

Pantauan di lapangan, pasca dipastikannya korban yang sempat terperangkap dan menjamin keamanan. Aparat Polresta Banjarmasin langsung melakukan pemberian garis polisi yang dibentangkan di depan toko tersebut.

Baca Juga: Potret Banjarmasin dari Masa ke Masa Menjadi Kota Modern

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya