Banjir di Balikpapan, Pedagang Pakaian Klaim Rugi Ratusan Juta Rupiah

Pedagang terlambat selamatkan barang dagangan

Balikpapan, IDN Times - Bencana banjir melanda Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu (16/3/2022). Kerugian materi diperkirakan besar, seperti kerusakan peralatan elektronik masyarakat dan pedagang yang harus menelan kerusakan barang dagangannya akibat terendam banjir.

Salah satunya pedagang pakaian bernama Ucok (49) yang berlokasi di Jalan MT Haryono RT 38 Kelurahan Damai, Balikpapan Selatan. Keluh kesahnya saat hampir seluruh barang dagangannya rusak terendam banjir yang ketinggiannya hampir mencapai pinggang orang dewasa. 

1. Pedagang tidak menyangka air masuk ke dalam toko

Banjir di Balikpapan, Pedagang Pakaian Klaim Rugi Ratusan Juta RupiahPedagang pakaian di Balikpapan Kaltim yang mengalami kerugian besar akibat banjir, Rabu (16/3/2022). Foto istimewa

Ucok mengatakan, air banjir masuk begitu cepat ke dalam rumah tokonya tepat dini hari. Ia pun tak menyangka banjir bisa menggenangi tempat berjualannya lantaran sebelumnya tidak pernah terjadi.

"Selama bertahun-tahun jualan, baru kali ini merasakan dahsyatnya banjir. Sebelumnya tidak pernah sampai masuk toko. Ini yang terparah semenjak saya jualan,” keluhnya. 

Ruko tempat dia berjualan memang sedikit lebih tinggi dibanding rumah lainnya yang berada di Jalan Beler di mana tempatnya sejajar dengan jalan raya sebelum jembatan PDAM.

Alhasil, sejumlah barang dagangannya basah kuyup akibat terendam air yang meluap. Dia pun mengklaim mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah lantaran tak mungkin lagi menjual pakaian yang terendam banjir dengan harga normal.

"Meski bisa dicuci kembali, ya rencananya mengobral pakaian dagangannya, tentu dengan harga murah. Dijual Rp25 ribu saja sudah syukur. Padahal modalnya untuk satu lembar kaos Rp50 ribu,” katanya.

Baca Juga: Gubernur Kaltim Tinjau Langsung Kondisi Banjir di Balikpapan

2. Kondisi banjir di Balikpapan

Banjir di Balikpapan, Pedagang Pakaian Klaim Rugi Ratusan Juta RupiahKondisi bencana banjir di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (16/3/2022). Foto istimewa

Sementara itu, Kepala Basarnas Balikpapan Melkianus Kotta mengaku telah menerima laporan bencana banjir pagi tadi di mana banjir itu membuat warga terkena imbasnya. Musibah itu telah menggenangi sejumlah titik yakni Jalan MT Haryono atau kawasan Jalan Mayor Pol Zainal Arifin atau Beler, Jalan Penegak, Kariangau, dan beberapa kawasan lainya di mana informasi titik terparah terdampak banjir saat ini berada di Jalan MT Haryono dan Beler Balikpapan.

Di mana pada kawasan itu memiliki ketinggian air mencapai 50-80 meter atau sepinggang orang dewasa.

Hal ini tentunya menjadi perhatian serius. Lantas, Tim Basarnas bersama BPBD, TNI/Polri dan pihak instansi terkait yang ada di Balikpapan, terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi warga.

“Setelah kami menerima laporan kami menurunkan tim SAR sebanyak 2 tim, dan ada juga teman-teman BPBD, TNI/Polri, dan relawan lainnya untuk membantu melakukan evakuasi,” ujar Melky.

3. Puluhan warga Balikpapan dievakuasi

Banjir di Balikpapan, Pedagang Pakaian Klaim Rugi Ratusan Juta RupiahKondisi bencana banjir di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (16/3/2022). Foto istimewa

Dalam operasi tersebut, kata Melky sedikitnya ada 42 jiwa yang terdiri dari 37 orang dewasa dan 5 orang bayi dievakuasi dalam peristiwa itu dari sejumlah titik banjir yang ada di kota Balikpapan.

"Kami melakukan evakuasi sebanyak 2 orang korban di MT Haryono Gang Teratai Balikpapan, 1 orang korban di Hotel Herma Balikpapan, 3 orang korban di Kelurahan Damai Balikpapan," sambungnya.

Tak hanya itu, tim Basarnas kemudian mengevakuasi 8 orang korban di Pondok Asri Manggar Sari Balikpapan, kemudian 28 orang korban di Graha Mulawarman Balikpapan.

Kondisi banjir mulai surut, lanjut Melky sekitar pukul 14.01 Wita.

"Kondisi sudah mulai kondusif, tidak ada permintaan evakuasi lagi, operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan seluruh unsur SAR Gabungan dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dan dilanjutkan dengan kesiapsiagaan," tandasnya. 

Baca Juga: Hujan Semalaman, Balikpapan Dikepung Banjir

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya