Comscore Tracker

Benda Angkasa Misterius yang Diduga Roket Jatuh di Sanggau Kalbar

Lokasinya sudah dipasang garis polisi

Balikpapan, IDN Times - Penemuan serpihan benda dari angkasa diduga pecahan roket jatuh di atas lahan milik warga Desa Pengadang Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (31/7/2022) lalu. Benda yang belum diketahui asal-usulnya ini ditemukan pemilik lahan bernama Yulius Talib (68). 

"Pemilik lahan yang menemukan serpihan benda ini," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Komisaris Besar Polisi Raden Petit Wijaya, Selasa (2/8/2022).  

1. Serpihan roket jatuh di atas lahan perkebunan sawit

Benda Angkasa Misterius yang Diduga Roket Jatuh di Sanggau KalbarSebuah serpihan benda dari angkasa diduga pecahan roket jatuh di Sanggau Kalimantan Barat. Foto Polda Kalbar

Petit mengatakan, serpihan roket tersebut di atas lahan perkebunan kelapa sawit milik warga yang baru ditanami. Lokasi kebun kelapa sawit milik Yulius Talib Dusun Pengadang Sekayam Kabupaten Sanggau.

Dalam pengamatan fisik di lapangan, kata Petit, serpihan roket tersebut diduga memiliki diameter panjang 5 meter dan lebar hingga 2 meter. Sebagian besar bentuk roket sudah tidak berbentuk utuh sehingga cukup sulit dalam melakukan identifikasi. 

Baca Juga: Penembakan Pencurian Kelapa Sawit di Kalbar yang Tinggalkan Tanya

2. Kronologis penemuan benda angkasa misterius ini

Benda Angkasa Misterius yang Diduga Roket Jatuh di Sanggau KalbarSebuah serpihan benda dari angkasa diduga pecahan roket jatuh di Sanggau Kalimantan Barat. Foto Polda Kalbar

Pada hari Minggu, (31/7/2022) 17.00 Wita lalu, saksi Yulius Talib seperti biasa mengunjungi lokasi kebun kelapa sawitnya. Setibanya di lokasi, ia melihat benda yang diduga serpihan roket sudah berada di tengah-tengah kebunnya.

Atas kejadian tersebut, Yulius pun langsung melaporkan penemuannya tersebut kepada Kepala Dusun Pengadang. Laporan warga ini pun langsung diteruskan kepada pihak Polres Sanggau. 

3. Pemasangan garis polisi di lokasi penemuan

Benda Angkasa Misterius yang Diduga Roket Jatuh di Sanggau KalbarSebuah serpihan benda dari angkasa diduga pecahan roket jatuh di Sanggau Kalimantan Barat. Foto akun YouTube Inside Pontianak

Pihak Polres Sanggau langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melaksanakan pemasangan garis polisi di lokasi penemuan serpihan yang diduga roket tersebut. 

Dalam kesempatan itu pula, polisi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati lokasi penemuan serpihan yang diduga roket tersebut untuk mengantisipasi adanya zat radioaktif di benda tersebut.

Hingga kini, belum diketahui apa sebenarnya benda misterius dari angkasa tersebut. 

Baca Juga: Pulau Begansar, Danau Lindung di Kalbar yang Dapat Bergerak Sendiri  

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya