BI Kaltim Kucurkan Beasiswa kepada 300 Mahasiswa 

Kepada mahasiswa di enam perguruan tinggi daerah

Samarinda, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan beasiswa kepada enam perguruan tinggi di daerah setempat bagi 300 lebih mahasiswa penerima guna membantu menuntaskan pendidikan mereka.

"Sebanyak enam perguruan tinggi tersebut terdiri dari atas empat universitas dan dua politeknik," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltim Hendik Sudaryanto diberitakan Antara di Samarinda, Rabu (17/5/2023).

1. Empat universitas daerah memperoleh beasiswa

BI Kaltim Kucurkan Beasiswa kepada 300 Mahasiswa ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Empat universitas itu adalah Universitas Mulawarman Samarinda, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Universitas Widya Gama Mahakam, dan Universitas Kutai Kartanegara, kemudian dua politeknik yaitu Politeknik Negeri Samarinda dan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, katanya, BI hadir melalui serangkaian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang terdiri atas tiga pilar utama yakni mendukung peningkatan kapasitas ekonomi dan UMKM, mendorong kepedulian sosial, serta mengembangkan SDM unggul melalui beasiswa serta vokasi.

"Dalam rangka pengembangan kapasitas SDM unggul di daerah, BI melalui Program Dedikasi Untuk Negeri sejak tahun 2011 telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 35.000 mahasiswa dari 187 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk di Kaltim," kata Hendik.

Baca Juga: Bulog Samarinda Salurkan Ratusan Ton Beras untuk Warga Tak Mampu

2. Komunitas Generasi Baru Indonesia

BI Kaltim Kucurkan Beasiswa kepada 300 Mahasiswa Ilustrasi mahasiswa (freepik.com/drobotdean)

Mahasiswa yang mendapat beasiswa BI, selanjutnya, akan bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang merupakan kelompok di bidang sosial kemasyarakatan.

Menurutnya, salah satu hal menarik dari beasiswa BI adalah tidak hanya bertujuan memberikan dukungan secara finansial, tapi juga terdapat serangkaian program pengembangan sehingga bisa menjawab tantangan pemenuhan generasi muda.

3. Kompetensi dalam berbagai bidang keilmuan

BI Kaltim Kucurkan Beasiswa kepada 300 Mahasiswa Ilustrasi mahasiswa (ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)

Melalui berbagai program ini, maka anggota GenBI dibimbing hingga memiliki kompetensi dalam berbagai bidang keilmuan melalui kegiatan capacity building, workshop, leadership camp, dan sejumlah kegiatan lain.

"BI Kaltim mendukung pengembangan GenBI untuk dapat mencapai tiga pilar, pertama adalah menjadi garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum," katanya.

Kedua, GenBI diharapkan dapat menjadi change agent yaitu agen perubahan dengan menjadi teladan di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Kemudian ketiga adalah menjadi future leaders atau pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan.

Baca Juga: Instalasi Kedokteran Nuklir RS di Samarinda Diagnosis Ribuan Pasien

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya