Comscore Tracker

BMKG Memprakirakan 9 Daerah di Kaltim akan Hujan Lebat dan Petir

Masyarakat diminta waspada terhadap dampaknya

Balikpapan, IDN Times - BMKG memprakirakan sembilan dari 10 daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat, petir, hingga disertai angin kencang pada 6 - 7 Desember 2022. 

Masyarakat diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina diberitakan Antara, Senin (5/12/2022). 

1. Informasi cuaca buruk disampaikan kepada BPBD masing-masing daerah

BMKG Memprakirakan 9 Daerah di Kaltim akan Hujan Lebat dan PetirIlustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi guna meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim), hanya Kota Bontang yang tidak terjadi hujan lebat maupun hujan petir, kota ini diprakirakan hanya mengalami hujan ringan pada Rabu dini hari hingga pagi.

Sementara sembilan kabupaten/kota tersebut antara lain Kota Balikpapan pada Selasa sekitar pukul 14.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota, pada Rabu sekitar pukul 08.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Baca Juga: Karantina Mencekal 26 Ekor Babi Tanpa Surat Kesehatan Masuk Balikpapan

2. Hujan deras juga berpotensi melanda Samarinda

BMKG Memprakirakan 9 Daerah di Kaltim akan Hujan Lebat dan PetirIlustrasi banjir di Samarinda saat dievakuasi (Humas Pemkot Samarinda)

Di Kota Samarinda pada Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Hujan petir di Kabupaten Mahakam Ulu pada Selasa sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun dan Laham, Rabu dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Hubung.

3. Kabupaten Kutai Kartanegara juga diminta waspada hujan lebat

BMKG Memprakirakan 9 Daerah di Kaltim akan Hujan Lebat dan PetirRuang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sebulu, Kota Bangun, dan Muara Kaman, pukul 23.00 Wita diprakirakan hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Kenohan, dan Marangkayu.

"Kabupaten Penajam Paser Utara, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Penajam pada Selasa sekitar pukul 17.00 Wita, dan pada Rabu dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Penajam, Babulu, dan Waru," kata Heni.

Baca Juga: Bandara Sepinggan di Balikpapan Perbaiki Keretakan pada Landasan Pacu 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya