Budidaya Maggot yang Berguna untuk Tambahan Penghasilan

Pemberdayaan limbah menjadi berguna

Balikpapan, IDN Times -  PT PJB UBJOM Kaltim Teluk mengadakan pelatihan budidaya Maggot BSF di Kelurahan Kariangau Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu 14 Maret 2022. Pelatihan ini diberikan kepada 20 orang yang termasuk dalam kelompok usaha budidaya maggot Maju Bersama RT 16 Kelurahan Kariangau.

Pelatihan yang dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker.

“Dari budidaya maggot ini, tidak hanya membantu pemerintah mengurangi sampah, khususnya jenis organik, tapi juga bisa menambah penghasilan yang lebih bagi anggota kelompok budidaya maggot maju bersama sendiri," terang Supervisor Sekretariat dan Umum PT PJB Ubjom Kaltim Teluk Arbian. 

1. Budidaya maggot BSF

Budidaya Maggot yang Berguna untuk Tambahan PenghasilanPengembangan larva maggot BSF di Kelurahan Kariangau Balikpapan. Foto istimewa

Budidaya maggot BSF ini sudah mulai dikenal oleh banyak orang karena manfaatnya yang dapat mengurangi limbah organik menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambahan ekonomi. Kegiatan pelatihan ini tentunya didahului dengan sosialisasi mengenai budidaya maggot BSF.

Mulai dari penjelasan berbagai jenis maggot, pemeliharaan hingga produk-produk olahan dari maggot. Tidak hanya itu selain penjelasan, kelompok masyarakat juga turun langsung ke lapangan untuk praktik bagaimana pengelolaan maggot yang baik.

"Sehingga ke depannya anggota menjadi mandiri,” ujar Arbian. 

Baca Juga: Jasad Perempuan Mengapung di Perairan Kampung Baru Balikpapan

2. Tambahan penghasilan masyarakat

Budidaya Maggot yang Berguna untuk Tambahan PenghasilanPengembangan larva maggot BSF di Kelurahan Kariangau Balikpapan. Foto istimewa

Melalui kegiatan ini, kelompok masyarakat mampu melakukan budidaya maggot BSF dengan memanfaatkan sampah organik sebagai pakan dari maggot tersebut. 

Sehingga dapat mengurangi timbunan sampah organik, dan maggot ini juga dapat menjadi pakan ternak unggas, ikan, dan dapat dijual ke masyarakat. 

3. Larva maggot

Budidaya Maggot yang Berguna untuk Tambahan PenghasilanPengembangan larva maggot BSF di Kelurahan Kariangau Balikpapan. Foto istimewa

Untuk diketahui, maggot BSF (Black Soldier Fly) adalah larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) black soldier fly yang nantinya bermetamorfosa menjadi lalat dewasa.

Fase metamorfosa maggot BSF dimulai dari telur, larva, prepupa, pupa, dan lalat dewasa, semuanya memakan waktu 40 sampai 45 hari saja. 

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Ancam Pidanakan Pelaku Penimbun Minyak Goreng

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya