Delapan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat pada Hari Rabu Ini

Seluruh kota besar di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Delapan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu (1/3/2023), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina diberitakan Antara di Balikpapan, Selasa (28/2/2023).

1. Prakiraan cuaca sudah disampaikan ke BPBD

Delapan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat pada Hari Rabu IniIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalkan dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan delapan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Paser, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Rinciannya antara lain hujan lebat di Kota Samarinda terjadi sekitar pukul 14.00 Wita di empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 Wita.

Baca Juga: Bulog Samarinda Menyiapkan 2.277 Ton Beras untuk Menghadapi Lebaran

2. Hujan petir di Balikpapan pagi hari

Delapan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat pada Hari Rabu IniIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hujan petir di Kota Balikpapan terjadi pukul 08.00 di Kecamatan Balikpapan Kota, pukul 14.00 di Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Kecamatan Balikpapan Utara.

Hujan lebat hingga hujan petir di Kabupaten Kutai Barat terjadi pukul 11.00 di Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, pukul 14.00 di Kecamatan Damai dan Penyinggahan.

Mssih di Kutai Barat, hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 17.00 Wita pada 13 kecamatan, yakni Kecamatan Sendawar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, dan Tering.

3. Hujan dan petir di Kukar diprakirakan terjadi siang hari

Delapan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat pada Hari Rabu IniIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi pukul 11.00 Wita pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Tabang dan Kenohan, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan sejak pagi.

Kemudian hujan lebat hingga hujan petir pada pukul 14.00 di Kecamatan Tenggarong, Muara Jawa, Muara Muntai, Anggana, Kembang Janggut, Loa Janan, Loa Kulu, Muara Wis, Samboja, Sanga-Sanga, pukul 17.00 hujan petir di Kecamatan Muara Muntai, Kembang Janggut, Kenohan, dan Muara Wis.

"Hujan ringan hingga hujan petir di Kabupaten Mahakam Ulu diprakirakan terjadi pada semua kecamatan mulai pukul 11.00 - 20.00 Wita, yakni Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Laham, dan Long Hubung," ujar Heni.

Baca Juga: Buronan Terpidana Rudapaksa Anak Asal Samarinda Ditangkap di NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya