Comscore Tracker

Desa Pela di Kukar Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Satu-satunya perwakilan Kaltim yang masuk

Samarinda, IDN Times - Desa Pela satu-satunya desa perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Lebih dari 70 ribu desa di Indonesia, pada tahun 2022 terjaring 3.416 peserta Desa Wisata dari 34 Provinsi se-Indonesia. Kini setelah mengikuti berbagai rangkaian kurasi oleh tim Kemenparekraf dari 500 menjadi 300 lalu 100 hingga dikerucutkan lagi menjadi 50 besar desa wisata.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rivai mengatakan, bangga karena masih ada perwakilan dari Kaltim yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022, yaitu Desa Wisata Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

"Namun setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, hanya Desa Wisata Pela yang berhasil masuk 50 besar anugerah desa wisata," kata Irvan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu (27/4/2022). 

1. Terdapat tiga desa wisata menjadi andalan di Kaltim

Sebelumnya, tiga desa wisata di Kaltim masuk 100 besar ADWI yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Desa Wisata Pela), Kota Bontang (Desa Wisata Malahing) dan Kabupaten Berau (Desa Wisata Teluk Harapan).

Irvan mengharapkan Desa Wisata Pela dapat terus berbenah dan berinovasi, serta memperbaiki dan mengikuti kriteria yang menjadi penilaian dewan juri, sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam ADWI 2022.

"Kami patut berbangga atas pencapaian Desa Wisata Pela, karena pada tahun ini berhasil lolos hingga tahap 50 besar. Jika dibanding dengan tahun lalu, hanya sampai di tahap 100 besar. Saya berharap desa wisata Pela bisa meraih hasil yang maksimal di ADWI tahun ini," harap Irvan.

Baca Juga: Sopir Pikap Laka di Balikpapan, Meninggal Dunia di RS Samarinda

2. Pemprov Kaltim akan memberikan dukungan

Desa Pela di Kukar Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata IndonesiaIlustrasi tempat wisata (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Kepala Bidang Pemasaran Restiawan Baihaqi menambahkan Dispar akan terus berupaya mendukung Desa Pela agar meraih salah satu penghargaan dari 7 kategori yang diperlombakan.

"Kami akan terus mendukung dan mengawal Desa Wisata Pela agar semakin dikenal masyarakat Kaltim bahkan nasional dengan terus mempromosikan melalui media digital yang ada pada Dispar dan media elektronik lainnya," ungkap Baihaqi.

Kemenparekraf mengumumkan 50 besar desa wisata di seluruh Indonesia yang masuk dalam tahap kurasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

3. Menteri Menparekraf mengumumkan 50 desa wisata di Indonesia

Desa Pela di Kukar Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata IndonesiaTwitter/@sandiuno

Pengumuman 50 besar desa wisata itu disampaikan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf mengucapkan selamat kepada 50 desa wisata yang masuk 50 besar.

"Selamat saya ucapkan bagi desa wisata yang berhasil lolos menjadi 50 desa wisata terbaik ADWI 2022. Kami meminta desa wisata untuk terus berinovasi," ucap Sandiaga.

Selanjutnya, ke-50 desa wisata akan dikunjungi dewan juri ADWI 2022 untuk melihat secara langsung bagaimana pengelolaan dan pembangunan potensi pariwisata. Kunjungan tersebut bagian dari penilaian ADWI 2022.

"Ayo bersama-sama kita wujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan, untuk Indonesia bangkit. Teruslah berinovasi mengembangkan desa wisata serta menjadi yang terbaik," ajak Sandiaga. 

Baca Juga: Ladang Budaya Tenggarong, Wisata  dengan Konsep Unik di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya