DKP Kaltim Komitmen dalam Pendampingan Bidang Perikanan

Proses perizinan dan pemasaran perikanan

Samarinda, IDN Times - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berkomitmen memberikan pendampingan kepada masyarakat usaha bidang perikanan, terutama proses perizinan berusaha dan juga pemasaran hasil perikanan.

“Desiminasi ditujukan kepada kelompok petani ikan atau pengusaha yang bergerak di bidang perikanan agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi terkait perizinan dan pemasaran hasil perikanan,” kata Kepala DKP Kaltim Irhan Hukmaidy dilaporkan Antara, Jumat (12/5/2023). 

1. Desiminasi pengelolaan usaha hasil perikanan.

DKP Kaltim Komitmen dalam Pendampingan Bidang PerikananANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Irhan mengatakan bentuk komitmen tersebut salah satunya menggelar desiminasi pengelolaan usaha hasil perikanan. Ia memaparkan, diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut. 
 
Ia mengemukakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mendukung percepatan kemudahan berusaha dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan kebijakan usaha pengolahan ikan, perlu mengganti Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 67/PERMEN-KP/2018 tentang Usaha Pengolahan Ikan.

Lanjutnya, usaha pengolahan Ikan adalah usaha perikanan yang berbasis pada kegiatan Pengolahan Ikan, maka ini diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Usaha Pengolahan Ikan.

Baca Juga: Delapan Bangunan di Samarinda Hangus Terbakar

2. Usaha pengolahan ikan harus memiliki izin

DKP Kaltim Komitmen dalam Pendampingan Bidang PerikananFoto hanya ilustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Dalam peraturan tersebut dijelaskan pada Pasal 1 bahwa melakukan usaha pengolahan ikan harus memiliki Surat Izin Usaha Perikanan Bidang Pengolahan Ikan yang selanjutnya disebut SIUP Bidang Pengolahan Ikan. 
 
“SIUP bidang pengolahan Ikan adalah izin tertulis yang harus dimiliki setiap orang untuk melakukan usaha pengolahan ikan dengan menggunakan sarana produksi yang tercantum dalam izin tersebut,” tutur Irhan.
 
Ia menjabarkan, pada Pasal 2 ayat (1) menerangkan jenis usaha pengolahan ikan, meliputi penggaraman/pengeringan Ikan, pengasapan/pemanggangan Ikan, pembekuan Ikan, pemindangan Ikan, peragian/fermentasi Ikan, pengolahan berbasis daging lumatan dan surimi.
 
Kemudian, jenis usaha ikan lainnya, yakni pendinginan/pengesan Ikan, pengalengan Ikan, pengolahan rumput laut, pembuatan minyak Ikan, kecap Ikan, pengolahan kerupuk, keripik, peyek dan sejenisnya; dan/atau pengolahan dan pengawetan lainnya.

3. Usaha pengolahan dan pengawetan ikan

DKP Kaltim Komitmen dalam Pendampingan Bidang PerikananIlustrasi ikan (pixabay.com/rafablues81)

Ia mengatakan, pengolahan dan pengawetan lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) huruf m merupakan Usaha Pengolahan Ikan dengan bahan baku Ikan selain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) huruf a sampai dengan huruf l.
 
“Jenis usaha pengolahan ikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan kode klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini,” terang Irhan.
 
Dikemukakannya, dengan berlakunya peraturan ini, maka Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 67/PERMENKP/2018 tentang Usaha Pengolahan Ikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1883), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Diharapkan peraturan ini menjadi pedoman bagi para pengusaha khususnya di Bidang Pengolahan Ikan.
 
Sementara kegiatan desiminasi pengelolaan usaha hasil perikanan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur Irhan Hukmaidy, didampingi oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan Irma Listiawaty dan dihadiri peserta dari Dinas Perikanan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Alokasikan Rp18 Miliar Perbaikan Jalan di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya