Enam Pelabuhan akan Melayani Distribusi Logistik di IKN Nusantara

Pelabuhan berada di Penajam Paser Utara

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak enam pelabuhan kini sudah siap mendukung arus bongkar muat untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ada empat yang baru ke luar izinnya, dan ini menambah dua yang sudah ada," kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan Takwim Masuku diberitakan Antara, Senin (17/10/2022). 

1. Daftar pelabuhan siap melayani distribusi logistik

Enam Pelabuhan akan Melayani Distribusi Logistik di IKN NusantaraPetugas memantau proses bongkar muat di pelabuhan peti kemas Kaltim Kariangau Terminal, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (8/10/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa

Empat pelabuhan baru tersebut adalah satu yang dikelola Badan Usaha Unit Desa (BUMDes) Makmur Mandiri, Pelabuhan Punggur oleh PT Tepian Benuo Paser, pelabuhan yang dikelola CV Mandiri Multi Material, dan Pelabuhan BRM oleh PT Balikpapan Ready Mix.

Dua yang sudah ada sebelumnya adalah Pelabuhan Bentang Panjang Pulau Balang di Tempadung, dan pelabuhan yang dikelola PT Tepian Sekapung Nusantara. Penambahan jumlah pelabuhan ini juga berikut dengan penambahan alur pelayarannya.

"Untuk alur pelayarannya sudah kami survei dan izinnya sedang dalam proses," lanjut Takwim Masuku.

Baca Juga: Meningkat, Bandara Sepinggan Balikpapan Layani 2,7 Juta Penumpang

2. Pelabuhan sudah mengantongi izin

Enam Pelabuhan akan Melayani Distribusi Logistik di IKN NusantaraFoto udara jalur logistik dan material khusus untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di pelabuhan masyarakat Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku PPU, Senin (10/10/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa

Izin yang sudah ada saat ini baru alur pelayaran di Teluk Balikpapan hingga Pulau Balang. Alur yang sedang dalam proses adalah bagian dari Pulau Balang hingga IKN.

Keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini dibutuhkan untuk pengangkutan material pembangunan IKN. Dengan jumlahnya kini mencapai enam tempat, maka kelancaran logistik pembangunan dapat dijamin.

3. Kawasan IKN Nusantara di PPU

Enam Pelabuhan akan Melayani Distribusi Logistik di IKN NusantaraSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Kawasan IKN Nusantara dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Wilayah tersebut berada pada sepanjang garis pantai Teluk Balikpapan.

Angkutan logistik dengan menggunakan kapal laut akan sangat efisien karena bisa mengangkut lebih banyak, katanya. 

Baca Juga: Fesyen Show di Atas KRI Diponegoro 365 yang Berlabuh di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya