Gubernur Jakarta Awali Prosesi Tanah dan Air Kendi Nusantara 

Gubernur Papua diwakili Asisten III Pemprov Papua

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin prosesi seremoni penggabungan air dan tanah di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022) pukul 08.37 Wita.  Lokasi ibu kota negara yang berada di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebanyak 34 gubernur seluruh Indonesia membawa air dan tanah dari wilayahnya masing-masing yang lantas dimasukkan dalam Kendi Nusantara. Kendi Nusantara yang nantinya ditanam di lokasi titik nol IKN sebagai perlambang persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Indoensia. 

Kaitan pembangunan IKN Nusantara di Kaltim. 

1. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai penyerahan air dan tanah

Gubernur Jakarta Awali Prosesi Tanah dan Air Kendi Nusantara Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Prosesi penyerahan air dan tanah dimulai pertama kali dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia menyerahkan air dan tanah yang berasal dari seluruh titik utama di Jakarta. 

Tanah dari Jakarta dibawa dalam sebuah wadah dibalut kain kuning yang diserahkan langsung kepada Presiden Jokowi. Setelah itu, air dalam kendi terbuat dari tanah liat pun diserahkan di mana keduanya lantas dimasukkan dalam sebuah Kendi Nusantara berukuran tinggi hingga 1 meter. 

Tidak terdapat banyak kata-kata dalam prosesi sakral disampaikan para gubernur kepada presiden. Satu per satu para gubernur menyerahkan air dan tanah dari daerahnya masing-masing, seperti Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. 

Provinsi Kaltim menjadi penutup prosesi penyerahan air dan tanah Kendi Nusantara ini. Gubernur Isran Noor menyerahkan air dan tanah yang berasal dari Kutai Lama di mana dulunya menjadi cikal bakal Kerajaan Kutai. Selain itu, juga air dan tanah dari Kesultanan Paser yang dulunya menguasai kawasan di IKN Nusantara. 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Bertemu dengan Kepala Otorita IKN Nusantara

2. Gubernur Papua Lukas Enembe absen

Gubernur Jakarta Awali Prosesi Tanah dan Air Kendi Nusantara Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Gubernur Papua Lukas Enembe absen dalam prosesi air dan tanah Kendi Nusantara ini. Belum diketahui penyebab Gubernur Papua tidak menghadiri prosesi sakral ini di IKN Nusantara. 

Ia hanya mengirimkan perwakilannya, Asisten 3 Pemprov Papua Y Derek Hagemur yang menyerahkan air dan tanah mereka kepada Presiden Jokowi. 

Seperti diketahui, posisi Wakil Gubernur Papua masih kosong menyusul meninggalnya Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. 

Papua menyerahkan air dan tanah Kendi Nusantara setelah Provinsi DKI Jakarta dan Aceh. 

3. Acara ditutup dengan penanaman pohon di IKN Nusantara

Gubernur Jakarta Awali Prosesi Tanah dan Air Kendi Nusantara Prosesi penanaman pohon di lokasi Ibu Kota Negara Nusantara oleh Presiden RI dan gubernur se Indonesia. Foto Biro Pers dan Media Kepresidenan

Prosesi air dan tanah Kendi Nusantara ditutup dengan acara penanaman pohon perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Jokowi menanam pohon meranti merah yang merupakan tumbuhan asli di Kalimantan. 

Sedangkan Iriana Jokowi menanam tumbuhan kamper yang memang lazim ditemui di kawasan Asia dan sekitarnya. 

Baca Juga: Kaltim Jamin Pasokan Minyak Goreng Tersedia selama Ramadan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya